Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips agar Situasi Kerja di Masa New Normal Tetap Kondusif

Tips agar Situasi Kerja di Masa New Normal Tetap Kondusif

Saat new normal kali ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai tempat kerja untuk membuat para pekerjanya mulai kembali masuk kantor. Walaupun sebenarnya masih banyak pemilik perusahaan yang belum berani, tetapi tidak sedikit yang sudah mulai memperkerjakan karyawannya.

Keduanya tidak ada yang benar atau salah karena semuanya memiliki alasan tersendiri. Bagi perusahaan yang terpaksa harus memperkerjakan karyawannya, tentu membuat mereka agak sedikit takut untuk memulai kembali bekerja di kantor.

Sebagai pihak yang berkepentingan di perusahaan, Anda harus bertanggung jawab penuh dengan keadaan semacam ini. Anda harus menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif. Lantas, apa saja yang harus dilakukan?

1. Buat Suasana Kerja Menjadi Aman dan Nyaman

Pertama, buatlah suasana kerja menjadi aman dan nyaman. Hal ini berkaitan erat dengan protokol kesehatan yang telah diberlakukan. Mengenai hal tersebut, Anda perlu menghindari penggunaan AC, apalagi jika filternya rusak.

Selain itu, Anda juga perlu memodifikasi ruang kerja dengan memberikan jarak aman antara pekerja yang satu dan lainnya. Sediakan tempat cuci tangan dan juga handsanitizer di beberapa titik sehingga para pekerja mudah untuk menjangkaunya.


Jangan lupa untuk selalu mengecek suhu sebagai skrining awal penderita covid-19 dan selalu desinfeksi semua ruangan minimal empat jam sekali. Kemudian, pastikan area kantor selalu bersih dan menerapkan pola hidup sehat, misalnya membuang sampah di tempat sampah yang tertutup.

2. Berikan Pengertian tentang Keadaan Saat Ini

Berikanlah pengertian kepada para pekerja bahwa saat ini sedang berada di posisi sulit, yaitu pandemi covid-19 dan krisis ekonomi. Jika hanya mementingkan salah satunya saja, maka keadaan menjadi tidak seimbang.

Dengan begitu, para pekerja akan mengerti di balik setiap keputusan Anda, termasuk kebijakan terkait pemotongan gaji. Jadi, perusahaan bisa berjalan kembali sebagaimana mestinya, meskipun tengah dalam kondisi sulit seperti sekarang ini.

3. Himbau Para Pekerja untuk Tetap Waspada

Tidak hanya sampai di situ, Anda juga harus memberikan himbauan kepada para pekerja untuk tetap waspada. Setiap pekerja perlu untuk saling mewaspadai pandemi ini, baik untuk diri sendiri, teman satu kantor, atau keluarga di rumah.

Mengingat virus corona tidak hanya menimbulkan gejala, mestinya mereka lebih berhati-hati. Dengan begitu, Anda harus mengarahkan mereka untuk senantiasa menggunakan masker dan mencuci tangan dengan handsanitizer agar lebih bersih dan terjaga.


4. Jangan Lakukan Kegiatan yang Menimbulkan Perkumpulan

Tumbuhkan kerja sama supaya tidak membuat berbagai kegiatan yang menimbulkan perkumpulan. Jangan lakukan rapat seperti biasanya, jika memang terpaksa maka modifikasi ruangannya seaman mungkin bagi semua pekerja dan juga Anda sendiri.

Hal sederhana yang sering dilanggar adalah pada waktu istirahat. Ketika waktu istirahat tiba, banyak pekerja makan dan minum bersama-sama di kantin. Oleh sebab itu, Anda perlu mengingatkan mereka untuk membawa makanan dan minuman dari rumah serta menjadwalkan jam istirahat secara bergilir.

5. Lakukan Tes Kesehatan untuk Semua Pekerja

Terakhir, Anda mesti menerapkan tes kesehatan bagi para pekerja secara rutin, terutama tes untuk pendeteksian infeksi virus corona. Untuk saat ini, rapid test merupakan yang paling murah karena hanya menggunakan darah sebagai salah satu indikator adanya perubahan dalam antibodi.

Demikianlah pembahasan tentang tips agar situasi kerja di masa new normal tetap kondusif. Kelima tips di atas sudah sepatutnya direalisasikan demi menjaga keberlangsungan ekonomi dan kesehatan masyarakat.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.