Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Pemasaran 4P dan Contohnya pada UMKM

Strategi Pemasaran 4P dan Contohnya pada UMKM

Dalam dunia bisnis, penggunaan teknik marketing memang sangat banyak. Tujuannya sendiri adalah untuk mengenalkan setiap produk maupun jasa kepada pelanggan. Salah satunya yaitu melalui strategi pemasaran 4P.

Apa itu Strategi Marketing 4P?

Strategi pemasaran 4P pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian pebisnis, apalagi di era digitalisasi dengan teknik persaingan yang kian ketat dan cerdik. Sebelum melangkah menuju cara marketing yang tepat, berikut ini adalah pemaparan dari pemasaran 4P (product, price, place, and promotion):

1. Product

Dalam hal ini, pebisnis berusaha membuat sebuah barang atau jasa yang sesuai dengan keinginan pasar. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset secara mendalam terlebih dahulu terkait dengan keinginan dan kebutuhan target market.

Meskipun itu harus detail, tetapi Anda tidak perlu menjadikannya terlalu rumit. Anda cukup melakukan riset sederhana dengan cara survei. Setelah itu, barulah Anda membuat suatu solusi atas permasalahan tersebut.


2. Price

Harga merupakan faktor yang paling penting dalam dunia bisnis. Bahkan, umumnya konsumen akan menggunakannya sebagai acuan untuk membandingkan produk Anda dengan kompetitor. Apabila harganya masuk akal, maka akan menarik perhatian pelanggan untuk memilih produk Anda.

Mengenai hal ini, Anda perlu memberikan perhitungan yang tepat untuk sebuah harga dan tidak boleh asal menebak saja. Tentukan harganya sesuai dengan value produk atau jasa Anda agar menghasilkan keuntungan.

3. Place

Zaman dulu, lokasi yang strategis sangat menentukan laris atau tidaknya suatu usaha. Namun, untuk saat ini tampaknya hal tersebut telah dinomorduakan berkat adanya teknologi digital. Meskipun begitu, lokasi tetap harus dipertimbangkan agar mudah dijangkau oleh para konsumen.

4. Promotion

Menggunakan iklan untuk mengenalkan produk kepada pelanggan merupakan strategi marketing yang paling jitu sehingga Anda wajib mempelajarinya. Di zaman yang serba teknologi ini, pemasaran dapat dilakukan melalui internet hanya dengan modal kecil.


Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P

Sebenarnya, strategi pemasaran 4P adalah hal mendasar yang harus diketahui oleh setiap pebisnis. Adapun contoh penerapannya yaitu manisan carica milik Berkah Rizky. Nah, barikut ini merupakan ulasan selengkapnya:

1. Bagaimana Produk Berkah Rizky?

Berkah Rizky adalah salah satu UMKM yang cukup berkembang di daerah Jawa Tengah dengan produk unggulannya yaitu manisan carica. Produk ini diolah secara khusus sehingga menjadikannya lebih istimewa daripada produk-produk lain yang sejenis.

2. Lokasi dan Harga

Dalam menentukan lokasi produksinya memang sudah tepat. Sebab, mereka lebih mempertimbankan dekat dengan area bahan baku supaya bisa tumbuh subur, yaitu Wonosobo yang merupakan daerah penghasil buah carica.

Pada akhirnya, hal tersebut mempengaruhi tingkat harga yang mereka terapkan, terlebih lokasinya sangat dekat dengan area wisata. Dengan begitu, Berkah Rizky dapat menjual produknya dengan harga yang relatif murah.


3. Promosi Cerdik

Satu hal yang membuat UMKM Berkah Rizky cepat terkenal adalah karena strategi promosinya yang memanfaatkan media daring dan lokasi wisata. Itulah alasannya mengapa produk Berkah Rizky dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas Kota Wonosobo.

Demikianlah pembahasan tentang strategi pemasaran 4P dan contohnya pada UMKM. Jika menerapkan keempat elemen tersebut, maka penjualan produk atau jasa Anda akan meningkat sebagaimana yang telah dijelaskan pada contoh penerapan strategi pemasaran 4P di atas.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.