Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

OM SPAN Kementerian Keuangan sebagai Layanan Informasi

Om Span Kementerian Keuangan sebagai Layanan Informasi

Pada tahun 2020 ini, OM SPAN kementerian keuangan telah berhasil diluncurkan. Program tersebut merupakan salah satu layanan informasi masyarakat yang memberikan segala akses transparansi SPAN akurat, cepat, terinci, dan terintegrasi.

Apa Itu OM SPAN?

Aplikasi OM SPAN atau online monitoring SPAN adalah salah satu sistem perbendaharaan dan anggaran negara (SPAN) yang telah dikeluarkan oleh kementerian keuangan. Program tersebut berguna untuk me-monitoring setiap transaksi dengan model tampilan seperti web.

Aplikasi ini akan memberikan solusi bagi penyaluran dana dengan transparan. Cara kerjanya pun cukup mudah karena pengguna hanya perlu masuk dan melakukan pengecekan data hingga rekening KPM (keluarga penerima manfaat).

SPAN sendiri merupakan salah satu sistem untuk menyempurnakan pengelolaan keuangan negara. Dalam hal ini, program yang digunakan berupa integrasi manajemen keuangan dengan penerapan sistem akuntansi.

Prinsip OM SPAN

Sebagai aplikasi yang berhasil diluncurkan oleh kementerian keuangan, OM SPAN juga memiliki prinsip dasar yang harus diketahui. Hal ini akan berguna dalam memberikan pemahaman kepada Anda sebelum mengetahuinya lebih jauh.


Pada intinya, aplikasi tersebut berbasis internet dengan kode masuk berupa User ID. Jika tanpa hak akses, maka Anda tidak bisa menggunakan program tersebut. Selain itu, dasar operasional yang mereka gunakan berdasarkan SPAN.

Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa setiap informasi yang terdapat dalam SPAN tidak real time, apalagi antara aplikasi dan website. Sebab, terdapat waktu loading untuk menyamakan informasi tersebut.

Apa Manfaat OM SPAN?

OM SPAN adalah aplikasi yang pada mulanya hanya untuk intern instansi yang bekerja pada wilayah Ditjen Perbendaharaan. Namun, saat ini para Satker mitra KPPN sudah bisa menggunakan program tersebut, terlebih untuk mencari berbagai informasi SPM (surat perintah membayar).

Dalam hal ini, Satker (satuan kerja) bisa memanfaatkan OM SPAN untuk mengakses informasi, seperti modul komitmen, modul penganggaran, modul pembayaran, modul penerimaan, dan lain sebagainya. Di samping itu, program ini berbasis online sehingga hanya memerlukan akses internet.

Hal yang paling menarik yaitu OM SPAN sangat berguna dalam me-monitoring dana desa. Tentu saja ini akan memberikan banyak manfaat, mulai dari input penyaluran dana desa, input pagu dana desa, hingga penyerapannya.


Bagaimana Cara Mengakses OM SPAN?

Semenjak OM SPAN berhasil diluncurkan, program tersebut bisa diakses oleh orang-orang tertentu dengan menggunakan kode pengguna berupa username dan password. Untuk mendapatkannya harus melalui pengajuan User ID terlebih dahulu secara daring melalui aplikasi tersebut.

Nah, langkah pertamanya adalah ajukan permohonan kepada mitra kerjanya dalam KPPN. Pengajuan surat permohonannya harus sesuai dengan format yang telah ditetapkan. Setelah itu, Anda mengisi data atau form yang tertera pada Aplikasi OM SPAN.

Fungsi OM SPAN

OM SPAN merupakan sebuah aplikasi pendataan keuangan dengan konsep memindahkan data dari server SPAN dan data yang dikirim bersifat incremental. Nah, fungsi lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:
  1. Modul penganggaran: Untuk mengetahui revisi DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran).
  2. Modul pembayaran: Untuk mengetahui status payment management resume tagihan (PMRT).
  3. Modul komitmen: Untuk mengetahui informasi tentang data supplier.
  4. Modul Bank: Untuk monitoring status SP2D (surat perintah pencairan dana).
  5. Modul penerimaan: Untuk monitoring potongan SPM dan realisasi pendapatan per akun.
  6. Referensi: Untuk mengetahui kode KPPN (kantor pelayanan perbendaharaan negara).

Demikianlah pembahasan tentang OM SPAN kementerian keuangan sebagai layanan Informasi. Aplikasi OM SPAN dapat diakses dengan mengetikkan alamat web https://spanint.kemenkeu.go.id pada browser di komputer, laptop, atau smartphone yang tersambung dengan jaringan internet.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.