Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Potensi Pariwisata Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

Potensi Pariwisata Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

Berbagai macam potensi pariwisata Indonesia memang sudah mendunia, baik itu di pedesaan maupun perkotaan. Seiring perkembangan zaman, beberapa inovasi muncul untuk mengolahnya agar menjadi aset negara dan menghidupkan roda perekonomian.

Berbagai Potensi Pariwisata Indonesia

Potensi Pariwisata Indonesia terdiri dari banyak jenis. Semua itu perlu pengembangan dan inovasi guna mendongkrak perekonomian negara. Akhir-akhir ini, pengembangan destinasi tempat liburan semakin berkembang pesat dengan beragam potensi, di antaranya:

1. Potensi Pariwisata Indonesia di Desa

Alam Indonesia terkenal dengan keindahannya, termasuk di wilayah perdesaan. Desa adalah salah satu tempat yang memiliki beragam potensi pariwisata, seperti Desa Adat Praijing dan Penglipuran Bali. Pasalnya, adat dan budaya masyarakat tersebut mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

2. Potensi Pariwisata Indonesia di Perkotaan

Hiruk pikuk perkotaan membuat banyak orang merasa bosan dan jenuh, sehingga berbagai ide kreatif pun muncul untuk mengatasi masalah tersebut. Bagi penikmat sejarah, terdapat sejumlah wilayah yang menyediakan museum menarik untuk dikunjungi, misalnya Museum Tsunami Aceh dan Pintu Sribu.


3. Potensi Pariwisata Indonesia di Wilayah Pesisir

Selain di desa dan perkotaan, Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan wilayah perairan lebih luas dari daratannya. Oleh karena itu, banyak wisatawan tertarik mengunjungi daerah pesisir. Keindahannya sangat memikat, mulai dari oleh-oleh khas daerah hingga kekayaan terumbu karangnya.

Potensi pariwisata Indonesia di wilayah pesisir sudah sangat berkembang sejauh ini, apalagi tidak sedikit yang menambahnya dengan berbagai wahana, seperti diving, penyewaan kuda, dan sebagainya. Hal semacam itu dapat Anda temukan di Pantai Parangtritis dan Raja Ampat.

4. Potensi Pariwisata Indonesia di Wilayah Dataran Tinggi

Tidak jarang masyarakat memilih dataran tinggi sebagai destinasi wisata yang akan mereka kunjungi saat liburan. Suasana keasrian alam dapat membuat pengunjungnya merasa tenang, sehingga mereka bisa menyegarkan kembali pikiran setelah menjalani kesibukan setiap harinya.

Walaupun melelahkan, pendakian merupakan salah satu kegiatan menarik bagi para pecinta alam. Nah, bagi Anda yang gemar mendaki gunung, maka destinasi wisata yang layak dikunjungi adalah Puncak Bogor dan Gunung Bromo.


5. Potensi Pariwisata Indonesia di Wilayah Hutan

Indonesia adalah negara tropis dengan kekayaan dan keindahan alam yang menarik. Selain menjaga kelestarian, hutan juga bisa diwujudkan sebagai tempat wisata alam yang dapat menghilangkan kejenuhan sekaligus mendapatkan foto unik yang bisa dipamerkan ke sosial media.

Wisata jenis ini telah dibina dan dirawat secara khusus untuk dijadikan tempat liburan bertema alam. Hal ini sudah banyak di Indonesia, katakanlah Hutan Pinus Limpakuwus dan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta.

Demikianlah pembahasan tentang potensi pariwisata Indonesia yang wajib Anda ketahui. Potensi pariwisata Indonesia terdiri dari banyak ragamnya. Jadi, menikmati waktu liburan bersama keluarga di negara sendiri merupakan pilihan yang tepat.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.