Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Memanajemen Uang bagi Mahasiswa

6 Cara Memanajemen Uang bagi Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa yang menimba ilmu di luar kota memang perlu menghemat segala-galanya. Sebab, Anda tidak hanya biaya makan saja yang harus dipenuhi, tetapi juga kos dan sebagainya. Oleh karena itu, berikut ini adalah 6 cara memanajemen uang bagi mahasiswa:

1. Memulai Menabung

Kata “menabung” tentunya sangat sering didengar, bukan? Bahkan, sejak kecil kerap diajarkan untuk menabung dengan tujuan-tujuan tertentu, seperti membeli sepeda dan semisalnya. Sekarang, hal positif tersebut bisa Anda lanjutkan kembali.

Bagi Anda yang belum terbiasa menabung mungkin agak sedikit sulit untuk memulainya. Namun, Anda dapat melatihnya sedikit demi sedikit. Untuk awal-awal, Anda sebaiknya menabung dengan nominal kecil terlebih dahulu.


2. Menentukan Sumber Pemasukan

Meskipun orang tua masih mampu menafkahi, tetapi alangkah baiknya Anda memilih untuk hidup mandiri dengan melamar pekerjaan sampingan. Dengan begitu, mereka sudah tidak perlu bersusah payah lagi mencari uang untuk membayar kebutuhan kuliah dan konsumsi sehari-hari Anda.

3. Menentukan Apa Saja Jenis Pengeluaran

Selanjutnya adalah menentukan apa saja jenis pengeluaran. Sebagai seorang mahasiswa yang harus berhemat, Anda mesti tulis apa saja bentuk pengeluaran setiap bulannya. Dengan menghitung jenis pengeluaran, Anda akan mengetahui kebutuhan apa yang perlu diprioritaskan.

4. Membuat Anggaran Keuangan

Selain itu, Anda juga bisa membuat anggaran keuangan sendiri. Misalnya, Anda menghitung gaji per bulan dan bagikan dengan kebutuhan selama sebulan. Dengan cara ini, Anda tentu saja tidak akan kekurangan uang di akhir bulan.


5. Menggunakan Aplikasi Online untuk Mengatur Keuangan

Di zaman teknologi sekarang ini, Anda tidak perlu membuat anggaran keuangan secara manual karena semuanya bisa dilakukan secara online. Anda bisa mengunduh secara gratis aplikasi Money Lover untuk membuat anggaran keuangan di smartphone.

6. Jangan Berutang

Cara yang terakhir adalah usahakan untuk tidak berutang bila Anda memang benar-benar ingin sukses dalam aspek keuangan. Pada dasarnya, utang dapat menimbulkan berbagai masalah, di antaranya Anda akan sulit untuk menabung dan memenuhi kebutuhan.

Oleh sebab itu, Anda harus membiasakan diri untuk tidak berutang sejak masih menjadi mahasiswa agar nantinya tidak terbiasa saat sudah memiliki pekerjaan tetap. Jika Anda ingin membeli sesuatu, maka tabunglah terlebih dahulu supaya tidak berakhir dengan utang.


Demikianlah ulasan mengenai 6 cara memanajemen uang bagi mahasiswa. Mengatur keuangan merupakan hal penting yang harus diterapkan sedini mungkin. Dengan adanya perencanaan keuangan yang baik, pengeluaran Anda tentu akan jauh lebih terencana.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.