Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memulai Bisnis untuk Pemula, Milenial Harus Tahu!

Cara Memulai Bisnis untuk Pemula, Milenial Harus Tahu!

Cara memulai bisnis untuk pemula penting diketahui, terutama bagi milenial masa kini. Tujuannya adalah supaya Anda dapat membentuk pondasi bisnis yang kokoh sehingga tidak hanya berjalan sekarang, tetapi juga bisa bertahan di masa yang akan datang.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis untuk Pemula?

Saat ini, banyak kalangan pemuda yang sudah memulai usaha sejak dini. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, ketelitian dalam membaca peluang sangat dibutuhkan. Nah, berikut ini adalah tips memulai bisnis untuk pemula yang harus Anda ketahui:

1. Pilih Bidang Sesuai Passion

Menjalankan bisnis sesuai dengan passion akan membuat Anda lebih bersemangat saat mengerjakannya. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu di mana bakat dan minat Anda sebelum memulai usaha.

2. Lihat Peluang Bisnis Potensial

Perkembangan teknologi membuka peluang besar bagi yang ingin menjalankan suatu usaha. Anda bisa mencari informasi apa pun yang sesuai dengan tren bisnis masa kini, seperti membuat usaha pernak-pernik hiasan dinding, hiasan case gadget, dan semisal dengannya.


Setelah mengetahui peluang bisnis potensial, Anda harus menyusun strategi promosi yang efektif, trik khusus untuk menghadapi pesaing, dan sebagainya. Kemungkinan buruk yang terjadi di lapangan perlu dicarikan solusi terbaik pula.

3. Dengarkan Kritik dan Saran dari Konsumen

Bisnis merupakan kegiatan yang berkaitan dengan banyak orang. Meskipun seorang pemimpin, tetapi Anda jangan ragu untuk menerima kritik dan saran dari khalayak. Sebab, hal tersebut dapat menunjang keberhasilan usaha yang Anda jalankan.

Namun, terkadang ada di antara mereka yang menyampaikan kritik dan saran dengan bahasa tutur yang kurang baik. Untuk menghadapi hal ini, Anda harus tetap bersabar dan berusaha untuk selalu tenang dalam menanggapinya.

4. Belajar dari Kesalahan

Cara memulai bisnis untuk pemula selanjutnya berkaitan dengan kesalahan yang tidak bisa dielakkan. Ini biasanya terjadi karena Anda belum memahami sifat konsumen. Jika Anda melakukan kesalahan, maka jangan mengulanginya lagi.


Anda jangan pernah malu untuk mengakui kesalahan. Apabila hal tersebut berkaitan dengan pelanggan, maka usahakan untuk tidak ragu meminta maaf. Belajar dari kesalahan adalah cara jitu untuk membuat sebuah usaha semakin berkembang pesat.

5. Kelola Keuangan dengan Baik

Pengelolaan keuangan memiliki peran penting dalam kelanjutan sebuah bisnis. Oleh sebab itu, Anda harus mengedepankan kebutuhan primer terlebih dahulu. Tujuannya tidak lain agar Anda dapat mengendalikannya dengan baik.

Supaya pemasukan dan pengeluaran dapat dikelola dengan baik, sebaiknya Anda mencatatnya di tempat yang aman. Medianya sendiri bisa dipilih sesuai dengan keinginan, seperti aplikasi Wallet, Finansialku, dan Money Lover yang bisa diunduh secara gratis untuk perangkat Android dan iOS.

6. Tentukan Ciri Khas

Ciri khas akan membentuk identitas bisnis. Begitu pelanggan melihat atau mendengar brand bisnis Anda disebut, mereka sudah bisa membayangkannya. Oleh karena itu, kekhasan menjadi salah satu trik untuk menarik minat masyarakat.


Persaingan dunia usaha yang semakin ketat menuntut para pebisnis untuk menciptakan hal baru. Tujuannya ialah demi memunculkan brand image. Ini memang membutuhkan sebuah upaya yang besar, tetapi pengaruhnya bagi bisnis sangat luar biasa.

Demikianlah pembahasan tentang cara memulai bisnis untuk pemula. Sejauh ini, banyak dari kalangan anak muda zaman milenial sekarang cenderung lebih memilih berbisnis daripada menjadi karyawan karena mereka lebih mudah bosan dalam bekerja.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.