Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga! Menghasilkan Meski #dirumahaja

Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga! Menghasilkan Meski #dirumahaja

Bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga ini sebenarnya bisa ditemukan di sekeliling. Bahkan, tidak sedikit yang memperoleh hasil besar dari usahanya tersebut. Meski semuanya dimulai dari hal kecil, tetapi jika strateginya benar, maka bukan tidak mungkin untuk meraup cuan.

Pilihan Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Sebelum menjalankan bisnis, Anda harus tahu dulu siapa target marketnya. Anda dapat menganalisisnya melalui data sederhana, seperti kisaran usia, letak geografis, dan sebagainya. Setelah semuanya jelas, berikut ini adalah ide bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga:

1. Jual Beli Tanaman Hias

Tidak sedikit dari wanita yang memiliki hobi memelihara tanaman hias. Ini merupakan peluang besar bagi ibu rumah tangga yang tidak bisa keluar rumah dengan bebas karena sibuk mengurus keluarga. Meski terbilang sederhana, usaha tersebut dapat memberikan hasil yang fantastis, lho!

Saat akan memulai bisnis ini, tentu saja Anda harus memiliki pengetahuan dasar dalam merawat tanaman yang baik dan benar. Tujuannya adalah agar semua tumbuhan terlihat segar dan berkualitas unggul, sehingga peminatnya pun semakin banyak.


2. Membuat Kerajinan Tangan

Wanita sering dikaitkan dengan sifat sabar dan telatennya, meski itu terbilang rumit. Kerajinan tangan merupakan salah satu bidang yang banyak digeluti. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk membuka peluang baru, misalnya saja membuat hiasan dinding, bros, dan sebagainya.

Membuat kerajinan tangan bisa dikatakan salah satu bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga. Pengerjaannya sendiri dapat Anda lakukan di rumah. Dengan begitu, Anda bisa menyeimbangkan antara tugas mengurus keluarga dan membesarkan bisnis.

3. Jasa Jahit

Keterampilan menjahit tentu tidak dimiliki oleh semua orang. Oleh karena itu, Anda dapat menjadikannya sebagai peluang usaha. Saat ini sudah banyak ibu rumah tangga yang membuka bisnis jasa jahit dengan penghasilan yang relatif besar.

Dalam bisnis ini, Anda harus bisa menentukan kualitas kain dan memadukannya agar hasilnya sesuai dengan keinginan konsumen. Nah, pengetahuan tersebut tentu saja didapatkan dari belajar. Anda bisa mempelajarinya apakah itu melalui kursus ataupun berbagai sumber lainnya.


4. Membuat Camilan

Sejauh ini, camilan sangat digemari oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk mendirikan usaha di bidang kuliner. Saat mencari konsepnya, usahakan yang dapat diterima oleh khalayak, meskipun harus menonjolkan sisi tradisionalnya.

Jangan memilih jenis camilan yang sudah ramai di pasaran. Anda mesti berani mencoba hal-hal yang baru dengan cara bereksperimen. Kreativitas dan inovasi baru merupakan poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan.

5. Membuat Bumbu Siap Pakai

Masyarakat modern sering mencari hal praktis karena tingkat kesibukan mereka yang tinggi. Bagi ibu rumah tangga, pastinya memasak merupakan suatu rutinitas yang selalu dikerjakan sehingga bisa memahami betul berbagai bumbu masakan.

Hal semacam itu bisa Anda manfaatkan untuk membuat racikan bumbu instan. Di sisi lain, usaha ini akan berpeluang besar bagi Anda karena tidak sedikit orang yang membutuhkannya, apalagi saat hari besar seperti Idul Fitri.


Sebagai daya tarik dan pembeda, Anda dapat meracik bumbu makanan tradisional, apakah itu makanan khas daerah ataupun nasional. Namun, usahakan mengemasnya dengan menarik, selain untuk memikat konsumen juga agar lebih tahan lama.

6. Bisnis Fashion Hijab

Pakaian beserta aksesorisnya memiliki perkembangan yang sangat pesat akhir-akhir ini. Hidup di negara yang mayoritas muslim tentunya harus mematuhi aturan agama dengan baik. Salah satunya adalah menutup aurat secara sempurna, yakni dengan berhijab.

Hal ini membuka peluang bagi para ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis yang menjanjikan ini. Anda bisa memulainya sebagai dropshipper terlebih dahulu untuk mencari banyak pengalaman dalam memahami tren pasar dan sifat konsumen.

Demikianlah pembahasan tentang bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga. Intinya, berperan sebagai istri dan ibu bukanlah penghalang untuk mencapai kesuksesan. Nah, sekarang Anda tinggal milih satu dari keenam rekomendasi bisnis yang bisa dikerjakan di rumah tersebut.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.