Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pemasaran Produk yang Belum Dikenal, Mudah, dan Efektif

Cara Pemasaran Produk yang Belum Dikenal, Mudah, dan Efektif

Cara pemasaran produk yang belum dikenal perlu Anda ketahui agar keputusan yang diambil bisa tepat sasaran. Kunci utamanya adalah menciptakan brand awareness, sehingga pelanggan akan menjadikan produk Anda sebagai rujukan saat memerlukannya.

Beberapa Cara Pemasaran Produk yang Belum Dikenal

Dengan menggunakan strategi yang tepat, para pelaku usaha dapat menarik minat pembeli guna meningkatkan penjualan secara signifikan. Memasarkan produk tidaklah mudah, Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara jitunya:

1. Lakukan Riset Kebutuhan Pasar

Hal ini berfungsi untuk mengetahui seberapa besar masyarakat membutuhkan produk tersebut. Bila hasil risetnya cukup baik, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk memasarkannya secara luas. Namun, Anda harus melakukan perubahan dan mempertahankan kualitas.

Apabila riset menunjukkan hasil yang kurang baik, maka Anda perlu mengevaluasinya. Setelah itu, Anda berikan nilai tambah terhadap produk tersebut, baik itu dari segi tampilan kemasan, kualitas pelayanan, ataupun kualitas produknya.

2. Buat Kegiatan Promosi yang Efektif

Pemilihan cara promosi yang tepat merupakan salah satu kunci penunjang keberhasilan dari pemasaran yang Anda lakukan. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkannya. Di antaranya adalah media sosial yang selama ini cukup berpengaruh besar.


Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah ketepatan cara promosi, pemahaman terkait letak geografis, dan tingkat ekonomi. Itu semua bisa dijadikan sebagai pertimbangan, bagaimana respons masyarkat terhadap barang yang dipasarkan tersebut.

3. Berikan Kualitas Terbaik

Kualitas adalah salah satu pertimbangan yang sering diperhatikan oleh masyarakat sebelum membeli suatu produk tertentu. Dengan menggunakan bahan kualitas terbaik dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka di lingkungan sosialnya.

Jika kualitas produk tersebut sudah terjamin, maka Anda bisa tawarkan ke masyarakat dengan harga di atas rata-rata. Anda tidak perlu khawatir dengan masalah harga, asalkan kualitasnya bagus masyarakat pasti akan tetap membelinya.

4. Melihat Peluang Pasar

Cara pemasaran produk yang belum dikenal berikutnya yaitu dengan melihat peluang pasar. Tujuannya agar pemasaran yang dilakukan bisa sesuai dengan target pasar. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan produk baru yang berkualitas unggul.

Peluang pasar sendiri dapat diketahui melalui riset secara lebih terstruktur dengan menggunakan relawan khusus untuk memberikan pendapatnya. Adapun caranya ialah dengan mengisi forms yang telah disusun oleh perusahaan, kemudian disebarkan kepada targetnya.


5. Ambil Kesempatan Saat Hari-hari Besar

Momen hari besar memang tidak boleh dilewatkan karena ini merupakan peluang bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi. Caranya yakni dengan menawarkan diskon atau paket hemat.

Selain itu, Anda juga bisa mengusung konsep mengeluarkan produk spesial di momen penting saja dengan jumlah yang terbatas. Meski terbilang simpel, tetapi trik yang satu ini sudah terbukti memiliki pengaruh besar agar produknya terjual cepat.

Cara pemasaran lain yang bisa Anda coba adalah memberikan sesuatu secara gratis kepada pelanggan atau dengan kata lain mengadakan giveaway. Jika tujuannya untuk engagement, maka Anda harus memberikan syarat kepada peserta untuk follow, like, komentar, dan mention beberapa orang terdekat.

6. Jangan Hanya Menjual tetapi Juga Mendidik

Selain menjual, Anda juga harus memberikan edukasi kepada pelanggan. Menurut MIT Sloan Management Review, edukasi kepada pelanggan akan membuat mereka cenderung untuk lebih mempercayai perusahaan tersebut.

Misalnya Anda berjualan buku bisnis. Nah, Anda bisa membagikan informasi kepada pelanggan tentang cara memulai bisnis untuk pemula. Di akhir cerita, ajaklah mereka untuk membeli buku Anda karena di buku tersebut sudah dijelaskan secara lengkap dari A sampai Z.


Demikianlah pembahasan tentang cara pemasaran produk yang belum dikenal, mudah, dan efektif. Jika ingin penjualannya meningkat secara signifikan, maka Anda harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.