Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Jitu Pemasaran Produk Frozen Food dari Rumah

Strategi Jitu Pemasaran Produk Frozen Food dari Rumah

Banyaknya permintaan terhadap frozen food membuat penjualnya menjadi meningkat pula. Itulah sebabnya mengapa strategi pemasaran produk frozen food sedang viral saat ini. Di zaman yang serba praktis menjadikan makanan beku sebagai pilihan bagi banyak orang.

Pasalnya, mereka hanya tinggal menggoreng, merebus, mengukus, atau memanggangnya. Setelah itu, makanan tersebut bisa langsung dinikmati bersama keluarga sehingga tidak perlu mengolahnya dari awal lagi.

Sebenarnya, produk semacam ini terdiri dari berbagai jenis, tetapi yang paling diminati adalah nugget, sosis, bakso, dan dimsum. Jika Anda ingin menjual produk frozen food, maka berikut ini adalah strategi jitu pemasaran produk frozen food dari rumah:

1. Tentukan Target Market

Langkah pertama dari strategi pemasaran produk frozen food yaitu tentukan target market. Tulislah secara spesifik siapa yang bakal menjadi target market-nya. Anda bisa menentukannya terlebih dahulu dengan asumsi, mencermati persaingan pasar, dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa pemasaran yang Anda lakukan mengenai sasaran. Ini sangat penting untuk meningkatkan penjualan, mengetahui budget yang dibutuhkan, dan mengatisipasi persaingan dengan baik.

2. Mencari Supplier Terbaik dan Terpercaya

Setelah menentukan produk frozen food yang akan dijual, selanjutnya adalah mencari supplier terbaik dan terpercaya. Terkait dengan hal ini, Anda mesti membandingkan mereka satu sama lain. Adapun caranya, Anda bisa melihat bagaimana kualitas produk, pengemasan, kebersihan, harga, dan lokasinya.


3. Buat Ciri Khas pada Produk Frozen Food

Usahakan produk Anda memiliki ciri khas agar tidak sama dengan produk frozen food lainnya. Ciri khas dapat berupa nama merek, desain logo, dan desain kemasan produk. Membuat ciri khas merupakan salah satu cara biar bisnis Anda semakin cepat maju dan sukses.

4. Membuat Konsep Branding yang Efektif

Tips selanjutnya yaitu membuat konsep branding yang efektif. Nah, brand tersebut harus mampu mewakili nilai-nilai bisnis Anda. Buatlah logo, tagline, dan kemasan yang mampu menarik minat pembeli, sehingga mereka tertarik untuk mengunjungi toko Anda.

5. Menggunakan Media Sosial untuk Marketing secara Online

Setiap orang pasti selalu membuka media sosial. Oleh karena itu, mempromosikan produk frozen food di media sosial merupakan hal yang wajib. Supaya lebih berkelas,  feed akun jualan Anda perlu dibuat semenarik mungkin, misalnya memposting hal-hal yang berkaitan dengan produk frozen food.

6. Terapkan Teknik SEO

Strategi berikutnya adalah menerapkan teknik SEO (search engine optimization). Tujuannya yaitu agar produk frozen food yang Anda jual mudah ditemukan di Google. Sekarang ini, sebagian besar pembeli mencari rekomendasi produk tertentu sebelum membelinya.

7. Berikan Platform Online

Mengeluarkan budget untuk promosi melalui iklan secara online merupakan jalan pintas menuju kesuksesan dalam berbisnis. Nah, Anda dapat memasang iklan di Google, Facebook, atau Website yang memiliki traffic tinggi.

8. Menggunakan Reseller

Dengan menggunakan jasa reseller, produk frozen food Anda akan lebih cepat berkembang secara luas. Sejauh ini, tidak sedikit pebisnis yang menggunakan jasa reseller untuk memasarkan produknya. Selain itu, secara tidak langsung Anda juga telah membuka lapangan kerja buat mereka.


9. Membuat Sistem Waralaba

Waralaba atau franchise sering digunakan dalam bisnis makanan dan minuman. Tentu saja sistem ini bisa diterapkan ke dalam bisnis frozen food, bukan? Dengan begitu, bisnis Anda akan bertumbuh lebih cepat karena adanya dukungan modal, tenaga, dan jaringan dari orang lain.

10. Jual Produk Anda di Marketplace

Berbelanja di marketplace merupakan hal baru yang kini sangat digemari oleh orang Indonesia, sehingga banyak orang yang memasukkan barang jualannya ke dalam platform tersebut. Jadi, marketplace adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk berjualan di era digital seperti sekarang ini.

Namun, dalam memiih marketplace yang cocok bagi bisnis Anda tidaklah boleh dilakukan secara sembarangan. Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan yaitu periksalah terlebih dahulu jumlah traffic dari marketplace itu sendiri.

Demikianlah pembahasan tentang strategi jitu pemasaran produk frozen food dari rumah. Semua hal tersebut harus dibarengi dengan keseriusan, ketelatenan, dan kesabaran. Dengan mengetahui berbagai strategi pemasaran di atas, bisnis Anda akan berkemungkinan sukses lebih cepat.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.