Komunikasi: Pengertian, Unsur, dan Manfaatnya
Manusia tidak bisa hidup sendiri sehingga membutuhkan orang lain untuk bisa berinteraksi, berkomunikasi, dan bekerja sama. Supaya kerja sama dapat terlaksana dengan baik dibutuhkan komunikasi yang efektif.
Pengertian Komunikasi
Robbins (1996) mendefinisikan komunikasi sebagai pen-transfer-an dan pemahaman makna. Sementara John R. Schemerhorn (1997) menuliskan bahwa komunikasi merupakan proses interpersonal untuk mengirim dan menerima simbol-simbol dengan pesan di dalamnya.
Selain itu, Griffin (2004) juga mengartikan komunikasi sebagai proses penyampaian informasi dari satu orang ke orang yang lain. Sedangkan Wexley dan Yukl (2005) menyebutkan komunikasi sebagai penyampaian informasi antara dua orang atau lebih.
Menurut Davis dan Newstrom (1991), komunikasi adalah penyampaian (transfer) informasi dan pengertian dari satu orang ke orang yang lain. Komunikasi merupakan cara menyampaikan gagasan, fakta, pikiran, perasaan, dan nilai kepada orang lain.
Nah, sejauh ini dapat disimpulkan bahwa inti dari komunikasi adalah penyampaian informasi kepada orang lain. Komunikasi dapat dikatakan efektif jika informasi atau pesan yang disampaikan bisa dipahami oleh orang lain sehingga ada umpan balik dari orang tersebut untuk menyampaikan informasi.
Unsur Komunikasi
Unsur komunikasi merupakan hal mendasar bagi keberadaan dan kelangsungan hidup manusia serta organisasi. Sebab, komunikasi adalah kunci dari fungsi pengarahan manajemen. Dalam proses komunikasi ada beberapa unsur yang terlibat, yaitu sebagai berikut:
1. Komunikator
Komunikator adalah seseorang yang memiliki ide, pendapat, gagasan yang ingin disampaikan kepada orang lain. Pemimpin dalam sebuah organisasi harus menjadi seorang komunikator yang andal untuk menyampaikan semua pemikiran-pemikiran yang dimilikinya.
2. Komunikan
Komunikan adalah seseorang yang menerima pesan dari pemberi pesan (komunikator). Komunikan harus bisa memahami pesan-pesan yang disampaikan oleh komunikator, sehingga pesan tersebut dapat diterjemahkan dan ditindaklanjuti dalam bentuk tindakan.
3. Tujuan
Tujuan adalah sesuatu yang diinginkan dalam proses berkomunikasi. Misalnya, tujuan seorang pemimpin menyampaikan informasi yaitu agar semua bawahannya memahami dan menindaklanjuti informasi yang disampaikan dalam bentuk tindakan sesuai dengan kebijakan organisasi tersebut.
4. Ide atau Gagasan
Ide atau gagasan adalah alat pendukung untuk mempengaruhi orang lain, sehingga mereka menindaklanjutinya dalam bentuk tindakan. Jadi, setiap pemikiran-pemikiran yang baru dari pemimpin harus dikomunikasikan kepada para bawahannya supaya mereka memahami tujuan dari ide tersebut.
5. Media
Media adalah saluran komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan seorang komunikator dalam menyampaikan pesan kepada komunikan. Di era perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih seperti sekarang ini, komunikasi sering kali dilangsungkan melalui internet atau media sosial.
6. Umpan Balik
Umpan balik (feed back) adalah hasil yang telah dicapai dari proses komunikasi. Nah, proses komunikasi dapat mencapai titik akhirnya ketika komunikan merespons pesan yang disampaikan oleh komunikator dengan kalimat yang menunjukkan bahwa dirinya memahami informasi tersebut.
7. Gangguan atau Hambatan
Gangguan atau hambatan adalah situasi atau perilaku tertentu yang menyebabkan terganggunya proses komunikasi. Dengan begitu, pesan atau informasi yang disampaikan oleh komunikator tidak diterima dengan baik atau sulit diterima oleh komunikan.
Manfaat Komunikasi
Dengan komunikasi, seseorang dapat menyampaikan ide dan pikirannya kepada orang lain, sehingga mereka mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Secara umum, komunikasi digunakan dalam kehidupan organisasi dalam hal-hal berikut:
- Menyampaikan berbagai informasi tentang tujuan, sasaran, standar, prosedur, peraturan, keputusan, serta kebijakan agar dipatahui dan dijalankan dengan baik oleh semua personil organisasi.
- Menyampaikan berbagai informasi untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga tercapai tujuan yang diinginkan.
- Menjalankan fungsi-fungsi manajemen dalam mendukung kehidupan organisasi.
- Mengoordinasi dan memberdayakan semua sumber daya organisasi. Sumber daya yang dimiliki oleh suatu koperasi terdiri atas sumber daya modal, manusia, material, dan peralatan-peralatan yang dimiliki koperasi.
- Untuk membina dan menjalin hubungan dengan berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar organisasi.
Demikianlah pembahasan tentang pengertian, unsur, dan manfaat komunikasi. Komunikasi yang efektif terjadi apabila pesan yang disampaikan dapat dimengerti oleh orang lain sehingga tercipta pemahaman yang sama antara pemberi dan penerima pesan.