Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerakan Sepanjang Kurva Permintaan

Kurva Permintaan
Gerakan Sepanjang Kurva Permintaan

Situsekonomi.com - Perubahan ini berlaku apabila harga barang yang diminta menjadi semakin tinggi atau semakin menurun (Sukirno, 1994: 83). Coba kita perhatikan gambar di atas, Misalkan DD adalah kurva permintaan pasar terhadap telepon seluler, dan pada permulaannya harga yang diberlakukan mencapai Rp 2 juta. Dengan demikian, jumlah yang diminta atas harga yang diterapkan tersebut adalah 500 unit. Keadaan ini ditunjukkan oleh titik R.

Selanjutnya, kita juga dapat mempermisalkan di mana para produsen telepon seluler mencoba untuk menurunkan harga penjualannya menjadi hanya Rp 1 juta per unit. Lalu, perubahan yang bagaimanakah yang akan terjadi terhadap jumlah yang diminta? Berdasarkan kurva DD pada gambar tersebut dapat kita telusuri di mana perubahan harga yang terjadi akan menyebabkan keadaan permintaan berubah, yaitu dari titik R menuju ke titik S.

Ini mengimplikasikan bahwa penurunan harga telepon seluler dari Rp 2 juta menjadi Rp 1 juta telah menambah jumlah yang diminta yang awalnya 500 menjadi 800 unit. Sementara kenaikan harga akan mengurangi jumlah yang diminta.

Akibat kenaikan harga ini dapat kita rasakan bersama -- tentunya gambar di atas menjadi patokan kita saat ini -- di mana kenaikan harga diikuti oleh sepanjang kurva permintaan. Katakanlah harga yang tertera di atas merupakan ketentuan harga yang berlaku sekarang ini; dari Rp 2 juta yang kemudian naik menjadi Rp 3 juta.

BACA JUGA:

Ini berarti kedudukan dalam kurva DD berubah dari titik R bepindah menuju ke titik T. Perpindahan ini menerangkan kepada kita bahwa kenaikan harga yang terjadi akan mengurangi jumlah barang yang diminta dari 500 menjadi 300 unit telepon seluler.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.