Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Bisnis Tanpa Modal yang Bisa Dicoba

Inilah Bisnis Tanpa Modal yang Bisa Dicoba

Walaupun kedengarannya tidak masuk akal, namun perkembangan teknologi sekarang ini membuat sesuatu yang sulit dilakukan kini menjadi mudah, seperti halnya memulai bisnis tanpa modal. Dengan adanya internet dan media sosial, membuat setiap orang bisa menjalankan usaha tanpa modal dengan mudah. Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha tanpa menggunakan modal, berikut akan dijelaskan beberapa jenis usahanya:

1. Dropship

Dropship adalah menjual barang tanpa adanya barang secara langsung. Artinya, Anda hanya menjual barang milik orang lain, tetapi dengan menggunakan sistem dropship. Jadi, kesannya seolah-olah barang tersebut berasal dari toko Anda.

Namun, hal yang harus diperhatikan ketika menawarkan produk dari orang lain adalah Anda harus pandai memilihnya karena barang tersebut akan langsung diserahkan kepada konsumen. Banyak sekali barang yang bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan dengan sistem dropship.

Akan tetapi, jika Anda ingin menjualnya dengan harga yang lebih murah, cobalah melirik barang-barang dari Cina. Anda jangan khawatir mengenai ongkos kirim dari negeri Cina karena saat ini banyak sekali toko online yang menyediakan jasa dari luar negeri, seperti Shopee dan Lazada. Untuk mengantisipasi keterlambatan pengiriman, Anda lebih baik melakukan pre-order, setelah itu lakukan pemesanan jika yang memesan sudah cukup banyak.


2. Endorse

Jangan dulu patah semangat, karena melakukan endorse seperti di Instagram tidak perlu memiliki jutaan followers terlebih dahulu. Saat ini, ada sebuah aplikasi yang bernama Partipost. Aplikasi tersebut adalah sebuah wadah bagi perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan micro influencer guna memasarkan campaign yang mereka promosikan.

Setelah memasarkan campaign dari suatu perusahaan yang disebarkan melalui media sosial, maka influencer akan mendapatkan sebuah reward berupa uang yang nantinya bisa ditarik melalui rekening yang sudah terdaftar. Jika Anda tertarik, maka langkah pertama adalah instal terlebih dahulu Aplikasi Partipost di smartphone Anda.

3. Online Thrift Shop

Cobalah lihat kanan kiri di sekitar rumah Anda, apakah ada barang bekas yang bisa dijual? Jika ada, maka lakukan penjualan dengan menggunakan konsep vintage karena konsep tersebut sudah menjadi trending di dunia maya.

Cobalah jual barang-barang tersebut melalui media sosial yang Anda miliki, seperti Instagram atau Facebook. Barang-barang yang akan dijual bisa berupa apa saja, seperti fashion, interior rumah, dan lain sebagainya.


4. Jasa Titip

Jasa titip (atau lebih akrab dikenal dengan istilah jastip) adalah sebuah bisnis yang cukup menjanjikan, terutama bagi Anda yang suka bepergian baik dalam negeri ataupun luar negeri. Banyak sekali barang-barang yang tidak bisa didapatkan secara lokal.

Oleh sebab itu, Anda bisa membelikan terlebih dahulu barang-barang yang mereka inginkan. Kemudian, barang tersebut dibeli oleh mereka dengan harga di atas harga dasar ketika Anda membelinya di toko. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kerugian yang cukup besar, lebih baik meminta terlebih dahulu sejumlah uang kepada mereka yang ingin melakukan pemesanan.

5. Jual Jasa

Jika Anda memiliki kemampuan, seperti menulis artikel, membuat website, dan lain-lainnya, maka jangan ragu untuk memasarkannya. Namun, jika Anda masih ragu karena jam terbangnya masih sedikit, lebih baik berpartisipasilah ke dalam sebuah perusahaan yang berhubungan dengan bidang yang Anda minati.

Gunanya adalah agar Anda lebih matang ketika terjun ke dunia usaha nantinya. Kita tahu bahwa dalam dunia bisnis dibutuhkan kematangan dalam berpikir dan berencana. Oleh karena itu, Anda akan bersikap lebih dewasa dalam mengambil suatu keputusan.


Penutup

Itulah pembahasan tentang bisnis tanpa modal yang bisa dicoba. Anda tidak perlu menguras seluruh tabungan untuk memulai bisnis. Anda hanya perlu memanfaatkan sumber daya yang ada saat ini, seperti laptop, handphone, dan lain sebagainya. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.