Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Adanya Layanan Live Chat untuk Bisnis

6 Manfaat Adanya Layanan Live Chat untuk Bisnis

Biasanya, layanan live chat sendiri hanya dianggap sebagai aplikasi komunikasi instan semata. Padahal, ada begitu banyak manfaat dari layanan ini yang bisa Anda rasakan dampaknya terhadap bisnis. Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi layanan live chat yang bisa dimanfaatkan:

1. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan memasang fitur live chat, pilihan layanan customer service (CS) yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan pun akan semakin banyak. Lewat fitur ini, pengunjung platform bisnis Anda tidak perlu lagi meninggalkan website karena dari laman saja mereka bisa langsung menghubungi CS.

2. Menurunkan Bounce Rate

Bounce rate merupakan angka yang memperlihatkan traffic pengunjung di website Anda. Statistik tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi bounce rate-nya, para pengunjung yang hanya sebentar berkunjung di website Anda semakin tinggi pula.


Hal tersebut tentu saja tidak baik bagi platform bisnis. Dengan adanya fitur live chat, Anda dapat menurunkan tingkat bounce rate. Artinya, para pengunjung akan merasa lebih betah berlama-lama di platform bisnis Anda.

3. Memperbesar Konversi Penjualan

Selain itu, fitur live chat juga dapat memperbesar konversi penjualan, lho! Hal ini berawal dari lamanya mereka berada di website saat berkomunikasi dengan CS. Nah, kesempatan yang semacam ini bisa dimanfaatkan langsung oleh CS untuk menghasilkan konversi.

4. Bisa Melihat Aktivitas Para Pengunjung Web

Dengan fitur layanan live chat, Anda bisa melihat adanya aktivitas pengunjung, sehingga Anda akan mengetahui halaman mana yang kerap dibuka oleh pengunjung. Dengan begitu, Anda dapat menyusun strategi untuk meningkatkan kualitasnya.


Di samping itu, Anda juga akan lebih mudah saat membuat laporan mengenai aktivitas pengunjung lewat layanan live chat. Jadi, Anda bisa melihat agen CS mana yang telah memberikan respon terbaik kepada para pengunjung.

5. Dapat Meningkatkan Loyalitas Customer

Setiap pemilik usaha tentu menginginkan agar pelanggannya setia. Dengan memanfaatkan fitur live chat, bisnis Anda akan dipercaya oleh para customer karena mereka cenderung lebih suka toko online atau website yang layanannya non stop 24 jam.

6. Lebih Mudah Memperoleh Feedback

Layanan live chat juga bisa dimanfaatkan untuk memperoleh feedback pengunjung, apakah mereka merasa puas terhadap layanan yang sudah diberikan atau tidak. Hal itu dapat memberi kesan bahwa Anda memang peduli dengan pengalaman mereka.


Demikianlah pembahasan tentang 6 manfaat adanya layanan live chat untuk bisnis. Di zaman sekarang, menambahkan layanan live chat pada website tentu penting sekali, apalagi untuk bisnis yang masih baru berkembang.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.