Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pasal Ruang Lingkup Kerja Sama

Pasal Ruang Lingkup Kerja Sama

Pasal ruang lingkup menggambarkan keseluruhan proses kerja sama hubungan hukum dengan mengajukan isu-isu penting yang utama. Gambaran isu-isu penting itu secara lengkap dan ringkas terdapat di satu pasal yang akan disampikan pada kesempatan kali ini.

Sebelum membahas mengenai pasal tersebut, Anda perlu tahu dulu tahap demi tahapnya. Anda perlu membangun pilar-pilar konstruksinya terlebih dahulu sebelum mendesain interiornya. Pasal ruang lingkup kerja sama meringkas tema-tema klausul apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam kontrak.

Daftar tema utama klausul merupakan poin-poin penting dari hubungan kerja sama yang akan dibangun oleh para pihak, sebisa mungkin disusun secara kronologis. Daftar itu disusun sedemikian rupa sehingga merekonstruksi gambaran umum kerja samanya secara bulat (Sukandar, 2017).

Meski pasal ini berusaha memberikan deskripsi yang menyeluruh, tetapi klausul-kalusul itu masih bersifat umum. Perinciannya lebih jauh akan menjadi tugas dari pasal-pasal selanjutnya. Pasal ruang lingkup ini berisi poin-poin penting yang disusun secara tematik berdasarkan isu tertentu.

Dalam kontrak pekerjaan jasa pembuatan website, daftar klausul hanya menentukan poin-poin penting hubungan kerja sama jasanya. Pasal ini meringkas hampir keseluruhan hubungan kerja sama, sehingga dengan ruang yang terbatas dapat menjawab dengan ringkas beberapa pertanyaan penting mengenai:
  • spesifikasi pekerjaan,
  • pelaksanaan pekerjaan, dan
  • serah terima hasil pekerjaan.


Sewaktu menulis kontrak, bayangkan Anda sedang terlibat langsung dalam pelaksanaan kontrak. Anda masukkan isu-isu penting yang muncul dalam bayangan tersebut ke dalam pasal ini dan aturlah hingga membangun sebuah cerita yang secara kronologis merekonstruksi hubungan kerja sama.

Mungkin Anda akan terkejut dengan hasilnya. Sebab, dengan ruang yang terbatas Anda telah berhasil membuat sebuah cerita pendek tentang bagaimana kerja sama itu harus dilaksanakan secara lengkap. Namun, Anda perlu bersabar karena memiliki ruang menulis yang terbatas.

Menuliskan pasal ruang lingkup hampir sama dengan membuat sketsa atau gambar kasar tanpa warna-warna detail yang mencolok. Dalam sketsa kontrak, ruang lingkup itu menghimpun daftar klausul. Pasal mengenai ruang lingkup dapat digambarkan sebagai berikut:
  1. Pelaksanaan pekerjaan jasa oleh pihak ke dua selain wajib dilaksanakan berdasarkan arahan-arahan dari pihak pertama.
  2. Spesifikasi pekerjaan jasa meliputi pembuatan website yang telah terkoneksi dengan jaringan internet dengan tema website berupa perdagangan secara elektronik (e-commerce) atas produk pihak pertama beserta promosinya dengan nama domain dan hosting provider yang akan ditentukan oleh pihak pertama.
  3. Pihak ke dua wajib untuk memberikan progress report kepada pihak pertama dan pihak pertama berhak untuk memberikan arahan-arahan teknis kepada pihak ke dua.
  4. Penyerahan hasil pekerjaan jasa dilakukan oleh pihak ke dua yang didahului oleh presentasi dan uji coba hasil pekerjaan jasa.
  5. Selama masa pemeliharaan, pihak ke dua wajib untuk memastikan agar hasil pekerjaan jasa dapat bekerja seusai dengan spesifikasi teknis dan melakukan perbaikan atas kerusakan-kerusakan yang timbul pada hasil pekerjaan jasa tersebut.
  6. Pembayaran biaya jasa oleh pihak pertama kepada pihak ke dua dilakukan secara bertahap melalui transfer bank.
  7. Para pihak sepakat bahwa hak cipta yang melekat pada hasil pekerjaan jasa merupakan hak milik dari pihak pertama.

Demikianlah pembahasan tentang pasal ruang lingkup kerja sama. Pasal ruang lingkup cukup menerangkan ketentuan umumnya dan berilah kesempatan pada pasal-pasal lain di bawahnya untuk mengatur ketentuan umum itu secara lebih rinci.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.