Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Caranya Mengganti Password Akun Tokopedia

Begini Caranya Mengganti Password Akun Tokopedia

Tahukah Anda bahwa puluhan juta akun pengguna yang ada di platform e-commerce Tokopedia dikabarkan bocor? Sebagian informasi pribadi yang dimiliki oleh pengguna, mulai dari alamat email, nama akun, hingga nomor telepon pun ikut terpapar.

Pihak dari Tokopedia membenarkan adanya upaya pencurian data akun yang terdapat di platform e-commerce yang dimilikinya. Jadi, Anda perlu mengganti password akun Tokopedia dengan cara sebagai berikut:

1. Melalui Aplikasi Tokopedia

Jika ingin mengganti password melalui aplikasi Tokopedia, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Tokopedia dan login ke akun yang Anda miliki. Jika sudah, maka Anda klik “Akun” yang terletak di pojok kanan di bagian bawah.

Lalu, Anda klik ikon “Pengaturan” dan pilih menu “Akun” serta klik “Kata Sandi”. Masukkan kata sandi lama dan kata sandi baru di kolom yang sudah tersedia. Terakhir, Anda klik tombol “Simpan”. Untuk keamanan tambahan, Anda dapat menambahkan sebanyak enam digit PIN Tokopedia.


2. Melalui Akun Bank

Selain itu, Anda juga bisa menghapus rekening bank yang sudah terdaftar di akun Tokopedia. Nah, langkahnya adalah klik “Akun Bank” yang terletak pada menu utama “Atur Akun”. Di tampilannya, Anda pilih nomor rekening yang terdaftar dan klik tombol “Hapus”.

3. Aktifkan Fitur 2FA

Cara mengganti password akun Tokopedia juga bisa dilakukan dengan menggunakan fitur keamanan lainnya, yaitu verifikasi dua langkah atau two-factor authentication. Pada saat aktif, fitur tersebut mengharuskan Anda untuk memasukkan enam digit kode yang diperoleh secara acak dari sistem.

Tokopedia sendiri mempercayakan aplikasi Google Authenticator untuk menjalankan 2FA, sehingga Anda perlu memasang aplikasi tersebut sebelum memakainya. Nah, aplikasi Google Authenticator bisa di-download melalui Google Play Store untuk perangkat Android.

Untuk mengganti password akun Tokopedia melalui cara ini, Anda harus buka aplikasinya terlebih dahulu dan klik “Pengaturan”. Menu pengaturan ini bisa diakses ketika Anda mengklik foto profil yang ada di pojok kanan atas.


Lalu, Anda pilih “Google Authenticator” dan klik pilihan “Aktifkan Google Authenticator”. Tunggulah beberapa saat dan Anda akan memperoleh tampilan kode QR. Kemudian, Anda masukkan sejumlah digit kode otentikasi pada kolom yang tertera.

Jika aplikasi tersebut sukses memindai kode, maka klik tombol “Add Account” dan masukkan kode yang sudah dihasilkan oleh “Kode Autentikasi” pada halaman Tokopedia. Anda Klik “Verifikasi” dan masukkan kode yang dihasilkan oleh Google Authentication tersebut saat masuk ke aplikasi Tokopedia.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengganti password akun Tokopedia. Demi keamanan dan juga kenyamanan, tentu saja Anda harus mengganti password tersebut. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda dalam mengatasi permasalahan yang bisa merugikan ini.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.