Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Aplikasi Faktur bagi Bisnis Online

Manfaat Aplikasi Faktur bagi Bisnis Online

Aplikasi faktur bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi yang paling disukai oleh pebisnis untuk kegiatan jual beli online. Sebab, faktur sangat dekat kaitannya dengan transaksi bisnis sementara untuk membuatnya terlalu memakan waktu.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis online, tentu saja aplikasi faktur sangat efektif lantaran tidak harus saling bertemu secara langsung. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat aplikasi faktur bagi pelaku bisnis online, di antaranya:

1. Membuat Faktur Secara Otomatis dan Terjadwal

Manfaat utamanya, Anda bisa dengan mudah membuat faktur secara berulang. Faktur ini bisa dibuat secara otomatis dan terjadwal sehingga akan lebih efisien dalam pekerjaan. Hal tersebut tentunya sangat membantu Anda dalam pembuatan laporan keuangan secara periodik.


2. Monitoring Saldo

Utang dan piutang adalah unsur yang pasti dalam transaksi bisnis. Itulah mengapa fungsi faktur memainkan peranan vital sebagai bukti transaksi dalam proses jual beli online. Dengan begitu, Anda dapat menangani faktur klien sehingga bisa memastikannya dibayar tepat waktu.

3. Perhitungan Pajak Secara Otomatis

Pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap warga negara. Sebab, pajak memiliki banyak fungsi, mulai dari anggaran hingga redistribusi pendapatan yang biasa disebut dengan pajak usaha.

Setidaknya terdapat tiga jenis pajak yang semestinya diterapkan pada suatu bisnis, yaitu PPN, Pph hingga PpnBM. Dengan menggunakan faktur online, Anda akan jauh lebih mudah untuk melakukan perhitungan persentase pajak dari setiap transaksi.


4. Retur Penjualan Lebih Mudah

Manfaat aplikasi faktur selanjutnya adalah Anda bisa melakukan pelacakan dengan sangat mudah saat terjadinya retur penjualan dalam transaksi jual beli. Retur penjualan sendiri bisa dikatakan sebagai penerimaan barang oleh pihak penjual yang dikembalikan oleh pihak pembeli.

5. Melakukan Duplikasi Faktur

Aplikasi faktur dapat meringankan Anda untuk menghindari pekerjaan yang harus dilakukan secara berulang. Anda bisa menyimpan dan menduplikasikannya dalam bentuk softcopy, khususnya faktur transaksi.

6. Membuat Laporan dengan Sangat Instan

Aplikasi faktur sendiri memiliki fitur yang memungkikan faktur setiap transaksi penjualan dan pembelian bisa disinkronisasikan secara otomatis dengan laporan keuangan bisnis. Oleh karena itu, Anda akan amat mudah untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.


Dengan menggunakan aplikasi faktur, Anda akan merasa benar-benar mudah untuk mendapatkan laporan bisnis. Hal ini pastinya akan sangat menguntungkan karena Anda memiliki laporan keuangan yang sangat akurat.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat aplikasi faktur bagi bisnis online. Dengan banyaknya manfaat yang diberikan oleh aplikasi faktur, Anda sebagai pelaku bisnis akan sangat terbantu dalam menjalani aktivitas jual beli online, bukan?

Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.