Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tabungan Pendidikan Anak Paling Populer

Tabungan Pendidikan Anak Paling Populer

Anda selaku orang tua perlu membuat tabungan pendidikan anak guna menyongsong masa depannya yang lebih cerah. Dengan menabung dan menyiapkannya secara matang, hal-hal yang tidak terprediksi akan teratasi.

Beberapa Tabungan Pendidikan Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya mengenyam bangku pendidikan. Dengan harapan bahwa si anak nantinya dapat menjadi orang yang berguna bagi masyarakat sekitar. Layaknya pada umumnya orang tua, yaitu menginginkan agar anaknya menjadi seorang presiden, dokter, dan sebagainya.

Mengingat biaya pendidikan selalu naik setiap tahun, Anda harus menyediakan dana tersebut untuk sang buah hati dengan cara membuat tabungan khusus. Namun, Anda tidak perlu khawatir mengenai hal itu karena berikut ini akan disajikan informasi selengkapnya:

1. Tabungan BNI Perencanaan Masa Depan (BNI Tapenas)

BNI menyediakan layanan tabungan berjangka untuk membantu perencanaan keuangan. Salah satunya adalah pendidikan anak. Dalam tapenas ini terdapat perlindungan asuransi bebas premi. Anda bisa menyetorkan dana dengan nominal mulai dari Rp100.000 hingga Rp5.000.000 selama satu bulan.

Selain bisa melakukan setoran rutin, nasabah juga dapat menambah dana tabungan lainnya. Ini bisa Anda lakukan dengan menyetor langsung ke rekening BNI Tapenas. Syarat yang harus terpenuhi antara lain WNI, berusia minimal 17 tahun, memiliki kartu identitas, dan mempunyai rekening BNI.

2. Britama Rencana Bank BRI

Selanjutnya, Anda bisa memilih Britama Rencana dari Bank BRI. Jenis layanan ini tidak menarik biaya. Selain mendapatkan tabungan pendidikan anak, Anda pun bisa mendapatkan perlindungan asuransi dengan nilai hingga Rp1 Miliar.


Keuntungan lainnya ialah suku bunganya lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan umum. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin membuka tabungan Britama Rencana yaitu berusia 17-64 tahun, mempunyai rekening tabungan BRI, dan mengisi formulir aplikasi dari petugas.

3. Tabungan Rencana Bank Mandiri

Tabungan Rencana Bank Mandiri menjadi pilihan berikutnya untuk membuka rekening tabungan pendidikan anak. Anda bisa menyetorkan dana dengan nominal mulai dari Rp100 ribu dalam jangka waktu satu hingga 20 tahun.

Anda juga dapat mengubah setoran rutin bulanan sesuai dengan keinginan dan kemampuan, misalnya menambah dari yang awalnya Rp100 ribu menjadi Rp200 ribu per bulan. Di samping itu, nasabah pun akan mendapatkan perlindungan asuransi gratis sebesar Rp5 juta per bulan.

4. Tahapan Berjangka BCA

Sebagai nasabah BCA, Anda juga bisa membuka tabungan pendidikan anak yang bernama Tahapan Berjangka BCA. Jangka waktu menabungnya mulai dari satu hingga 20 tahun. Kemudian, setoran per bulannya mulai dari Rp500 ribu sampai dengan kelipatan Rp50 ribu.

Suku bunga dalam tabungan Tahapan Berjangka BCA memakai skema floating (mengikuti perkembangan pasar). Tidak ada bayaran administrasi dengan biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo sebesar satu persen dari saldo akhir.

5. Tabungan MyPlan MayBank

MayBank juga menghadirkan layanan Tabungan MyPlan untuk membuka tabungan pendidikan si kecil. Ada banyak fitur di dalamnya untuk membantu nasabah mencapai target nominal. Anda tinggal milih, apakah jenis konvensional atau syariah.


Suku bunga dari Tabungan MyPlan sebesar dua persen. Adapun persyaratan untuk membuka rekening tersebut antara lain berusia 17-55 tahun, memiliki rekening MayBank, fotokopi identitas yang berlaku, dan mengisi formulir pembukaan rekening dari petugas bank.

6. CIMB Niaga Tabungan Pendidikan

Tabungan Pendidikan dari Bank CIMB Niaga menawarkan jumlah setoran awal bulan mulai dari Rp100 ribu. Tidak hanya itu, suku bunganya pun mencapai 4,85 persen, sementara jangka waktu tabungan atau tenornya selama 3-10 tahun.

Anda juga bisa melakukan pengecekan mutasi dengan menggunakan layanan CIMB Clicks, Phone Banking, dan Go Mobile. Namun, layanan tersebut diberlakukan biaya administrasi sebesar Rp50 ribu, sedangkan biaya penarikan sebelum jatuh tempo sebesar dua persen dengan minimal Rp50 ribu.

7. Bank BTN Tabungan Siap

Sejauh ini, Anda dapat pula memilih tabungan pendidikan anak dari Bank BTN yang dinamakan dengan Tabungan Siap. Di sini, nasabah akan mendapatkan asuransi perlindungan dengan bebas premi serta tambahan berupa santunan duka karena kecelakaan dan penyakit tropis.

Anda diperbolehkan untuk melakukan penyetoran rutin dengan jumlah Rp100 ribu dan kelipatannya. Untuk jangka waktu tabungannya sendiri dimulai dari satu hingga 15 tahun, sedangkan suku bunganya sebesar tiga persen dan tanpa biaya administrasi atau alias gratis.

Demikianlah pembahasan tentang tabungan pendidikan anak paling populer. Mempersiapkan dana pendidikan sudah seharusnya menjadi prioritas para orang tua. Sejauh ini, tabungan pendidikan merupakan senjata ideal untuk menyiapkan biaya sekolah anak.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.