Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemasaran Produk Paling Efektif

Pemasaran Produk Paling Efektif

Sekarang ini, dunia marketing sudah berkembang begitu luas. Pemasaran produk paling efektif bisa dilakukan melalui digital marketing atau internet. Dengan demikian, banyak ruang dan kesempatan yang diberikan kepada pelaku bisnis agar bisa memperluas jaringan target market-nya.

Strategi Pemasaran Produk Paling Efektif

Sebagai bagian dari masyarakat modern, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing, bukan? Digital marketing merupakan strategi pemasaran produk yang paling ampuh untuk menjangkau target market secara luas.

Bagi pemula tentu saja membutuhkan waktu untuk mempelajarinya, tetapi percayalah dampaknya akan sangat terasa terhadap bisnis Anda. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran produk paling efektif yang perlu Anda ketahui:

1. Mengenal Pelanggan dengan Baik

Setiap produk pastinya memiliki target market yang berbeda-beda. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mengenali karakter masing-masing pelanggan. Kalau tidak, maka produk Anda akan sulit terjual karena tingkat kepuasan mereka terus menurun dari waktu ke waktu.

Jadi, Anda harus rutin melakukan survei untuk produk-produk yang dimiliki dan jenis-jenis pelayanannya, seperti ekspedisi pengantaran dan sistem pembayaran yang diinginkan oleh pelanggan. Dengan begitu, Anda akan mudah melakukan perbaikan atau inovasi.


2. Melakukan Teknik Promosi yang Tepat

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus selalu siap untuk melakukan sebuah terobosan baru. Sebab, laku atau tidaknya sebuah produk di pasaran tergantung pada teknik promosinya. Ketika mengeposkan suatu posting-an di media sosial, pastikan Anda melakukannya di waktu yang tepat.

Sekarang ini sudah bukan zamannya lagi promosi hanya dengan upload gambar saja. Namun, Anda juga harus menyiapkan konten-konten kreatif agar pembeli semakin tertarik. Tidak harus melulu jualan produk, Anda bisa selingi dengan tips atau hal lain yang masih berhubungan dengan produk.

3. Pastikan Anggaran Sudah Aman

Membuka sebuah bisnis tidak bisa dengan asal-asalan. Anda perlu memastikan pondasinya, yakni anggaran keuangan. Buatlah semuanya menjadi serba sistematis karena saat ini sudah banyak penyedia layanan pembukuan digital yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Strategi bisnis yang benar adalah menyesuaikan budget dengan kebutuhan. Sebab, mulai dari pembuatan konten promosi hingga terjadinya transaksi membutuhkan biaya. Oleh karena itu, jalan terbaik sebelum bertekad untuk membuka sebuah bisnis adalah dengan melakukan brainstorming.

4. Selalu Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Strategi selanjutnya mungkin terbilang klasik. Namun, percayalah bahwa ini akan membuat dampak besar bagi keseimbangan dan kemajuan bisnis Anda. Menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan membuat mereka senantiasa kembali membeli produk Anda.


Jika tidak memungkinkan untuk mem-follow up secara terus-menerus, maka gunakanlah bentuk pelayanan seperti menerima kritik dan saran lewat email atau sebagainya. Dengan cara begini, pelanggan akan merasa dirinya dihargai sehingga berguna untuk kemajuan bisnis.

5. Punya Akun Media Sosial

Dewasa ini, pemasaran lewat digital memang sangat penting. Jadi, Anda mesti membuat sebuah akun media sosial yang dikhususkan untuk melakukan promosi melalui konten marketing. Selain itu, Anda juga sebisa mungkin selektif dalam memilih follower.

Banyaknya jumlah follower belum tentu menjamin produk Anda akan ramai dan laku keras karena mereka bukan target market-nya. Oleh karena itu, penyaringan jumlah pengikut perlu diterapkan agar konten promosi Anda tepat sasaran.

6. Pakai Jasa Influencer

Terakhir, cara paling efektif untuk memasarkan produk adalah menggunakan jasa influencer. Sekarang ini sudah banyak sekali jasa influencer yang siap untuk mempromosikan produk Anda. Jika bisnis Anda termasuk kategori small business, maka lebih baik sesuaikan terlebih dahulu dengan budget-nya.

Tidak sedikit para influencer muda yang memiliki banyak followers, tetapi mereka masih memberikan tarif di bawah Rp100.000. Nominal tersebut pastinya sangat sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan para pelaku home industry, bukan?


Demikianlah pembahasan tentang pemasaran produk paling efektif. Sayangnya, tidak semua pebisnis mengetahui strategi pemasaran yang semacam ini. Jika Anda menginginkan agar bisnisnya tetap menguntungkan dan bertahan, maka merancang strategi pemasaran yang efektif sangat dianjurkan.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.