Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Strategi Pemasaran bagi Para Calon Pebisnis

Rekomendasi Strategi Pemasaran bagi Para Calon Pebisnis

Strategi pemasaran adalah salah satu poin penting dalam dunia bisnis. Sebab, suatu produk bisa disukai oleh masyarakat dikarenakan adanya penerapan strategi pemasaran yang benar. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan mengenai rekomendasi strategi pemasaran bagi para calon pebisnis:

1. Target Pasar

Tentu saja Anda menginginkan agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang dengan pesat, bukan? Untuk mencapai hal tersebut, Anda perlu menentukan target pasar sebelum memasarkan produk. Target pasar merupakan golongan yang akan dijadikan sebagai sasaran penjualan produk.

Jadi, Anda harus menentukannya secara spesifik. Anda tidak hanya sebatas memilih kelompok tertentu, tetapi juga memahami kebutuhan dan keinginan mereka. Misalnya, Anda ingin menjual jersey bola, tentu target pasarnya adalah kaum pria yang menyukai olahraga sepak bola.

2. Optimalisasi Marketing

Setelah memutuskan siapa yang akan dijadikan sebagai target pasar, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan strategi pemasaran. Di zaman sekarang ini, media sosial merupakan fasilitator paling ampuh untuk memasarkan produk.


Dengan media sosial, Anda dapat mempromosikan produk seluas mungkin. Media sosial menghadirkan solusi alternatif yang profitable. Kini, berjualan secara online menjadi jauh lebih hemat dibandingkan dengan cara konvensional yang harus menyewa toko fisik.

Modal awal membangun bisnis bisa Anda manfaatkan sepenuhnya untuk pengadaan barang, bukan permasalahan harga sewa tempat. Apabila semuanya berakhir manis, barulah Anda mulai memikirkan terkait rencana untuk membuka toko fisiknya.

3. Berani Free Trial

Hal ini sering kali diabaikan oleh para pebisnis karena dianggap merugikan. Padahal, ini merupakan salah satu trik yang tidak kalah ampuhnya. Free trial adalah memberi sampel produk secara cuma-cuma agar pelanggan mengetahui kualitasnya.

Trik ini kerap dijadikan sebagai andalan ketika promosi. Selama Anda yakin dengan mutu produk tersebut, semestinya tidak perlu ragu menggunakan strategi pemasaran ini. Sebagai seorang pebisnis, sepatutnya Anda memiliki mental yang optimistis demi menggaet pelanggan.


4. Lokasi Berjualan

Tempat menjadi pertimbangan penting ketika berjualan. Hal ini sebanding dengan probabilitas bertemunya Anda dengan target pasar. Begitu pentingnya pemilihan lokasi berjualan demi peluang mendapatkan pelanggan.

Contohnya adalah jika ingin menjual alat-alat tulis dan perlengkapan sekolah, maka sebaiknya Anda memilih membuka toko di dekat sekolah atau kampus, bukannya malah di pinggir pantai. Hal tersebut juga berlaku bila Anda berjualan secara online.

Fokuslah pada satu media sosial terlebih dahulu, baru kemudian Anda merambah ke media sosial yang lain. Demikian pula dengan marketplace, misalnya Anda memilih untuk mulai berjualan di marketplace Shopee, baru setelahnya berlanjut ke marketplace yang lain.

5. Promosi dari Mulut ke Mulut

Terakhir adalah promosi langsung. Teknik ini justru kerap ditinggalkan oleh pebisnis modern karena terlihat kuno, ribet, dan melelahkan. Padahal, cara ini paling recommended untuk menarik customer. Produk atau jasa yang menyebar dari mulut ke mulut justru lebih nyata dalam menjangkau target pasar.


Orang yang menggunakan suatu produk atau jasa dan merasa puas dengan kualitasnya, mereka secara sukarelah akan merekomendasikannya kepada orang lain. Sementara orang lain tadi pasti akan sulit meragukan kualitasnya karena telah terbukti.

Demikianlah pembahasan tentang rekomendasi strategi pemasaran bagi para calon pebisnis. Dengan mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk, tentu Anda akan mengetahui pula bagaimana caranya meningkatkan performa bisnis.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.