Definisi dan Jenis-jenis Iklan

Iklan yang memiliki daya tarik mendalam cenderung akan meresap ke dalam ingatan masyarakat. Sejatinya, iklan memiliki variasi yang beragam sesuai dengan kreativitas pembuatnya. Berdasarkan pada jenisnya, iklan dapat dikategorikan sebagai berikut (Musman, 2021):
1. Iklan Komersial
Iklan komersial disiarkan melalui radio, televisi, atau media digital. Iklan komersial bertujuan untuk memperkenalkan produk kepada target audiens dan memengaruhi mereka agar menggunakan produk yang ditawarkan.
2. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat merupakan iklan nonkomersial yang disiarkan melalui audio visual maupun media cetak. Iklan layanan masyarakat berfungsi untuk memperkenalkan, mempromosikan gagasan, atau pesan-pesan lainnya kepada masyarakat luas dengan tujuan untuk memengaruhi mereka agar berbuat atau bertingkah laku sesuai iklan tersebut.
Iklan Layanan Masyarakat (ILM) atau sering disebut PSA (Public Service Announcement) dapat diproduksi seperti iklan komersial. Bedanya, iklan jenis ini sama sekali tidak menawarkan produk, melainkan menawarkan informasi penting.
Contohnya adalah informasi tentang ke mana harus mengadu jika mengalami pelecehan seksual atau bagaimana cara mencegah penularan Covid-19. Iklan layanan masyarakat terbagi menjadi dua, yaitu iklan korporat dan iklan politik.
a. Iklan Korporat
Iklan korporat tidak selalu berkaitan dengan produk barang maupun jasa. Sebab, dewasa ini perusahaan-perusahaan sudah mulai memikirkan citra merek. Banyak perusahaan yang mempromosikan diri sebagai perusahaan yang baik melalui iklan korporasi (corporate ad).
Sasaran iklan korporat tidak semata-mata kepada konsumen produk yang dihasilkan perusahaan yang bersangkutan, tetapi juga kepada publik yang menentukan hidup matinya perusahaan itu. Iklan korporat bertujuan untuk membangun citra (image) suatu perusahaan yang pada akhirnya diharapkan dapat membangun reputasi positif produk atau jasa yang ditawarkan.
Iklan korporat akan efektif apabila iklan ini didukung oleh fakta-fakta yang kuat yang mempunyai nilai berita, dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan tertentu yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Sebagai contoh, perusahaan rokok memberikan beasiswa untuk pelajar yang berprestasi atau memberitakan bahwa perusahaan itu telah meraih penghargaan karena prestasinya membina pengusaha kecil atau pelaku UMKM.
b. Iklan Politik
Iklan politik adalah suatu ajakan untuk mengampanyekan program partai-partai politik. Kemudian, partai-partai itu membeli jam siar selama masa pemilu. Tujuan iklan ini adalah untuk mengampanyekan program kandidat dan pada akhirnya untuk meraih suara masyarakat.
Kandidat partai politik bersama media menentukan isu, topik, dan proses dalam pasar politik. Mereka bersama-sama membentuk opini publik dan menyebarkan pengaruh dalam membuat keputusan politik. Setidaknya, mereka lebih berkuasa dan berpengaruh dibandingkan anggota partai biasa.
Nah, itulah pembahasan tentang definisi dan jenis-jenis iklan. Jadi, sejauh ini dapat disimpulkan bahwa perbedaan dan persamaan antara iklan komersial dan iklan layanan masyarakat adalah sebagai berikut:
Iklan Komersial | Iklan Layanan Masyarakat |
---|---|
Memengaruhi masyarakat untuk menggunakan produk. Misalnya, masyarakat membeli pasta gigi merek "Cling". |
Memengaruhi masyarakat untuk bertingkah laku sesuai dengan iklan. Misalnya, membiasakan cuci tangan agar terhindar dari kuman. |
Durasi rata-rata 30 - 60 detik. | Durasi rata-rata 30 - 60 detik. |
Biaya relatif mahal. | Biaya relatif murah (50% lebih murah daripada iklan komersial). |
Menggunakan musik atau efek suara |
Menggunakan musik atau efek suara. |
Menggunakan drama mini atau testimoni |
Menggunakan drama mini atau permohonan pribadi maupun testimoni |
Diakhiri dengan tagline dan menyatakan bahwa produk bisa dibeli di tempat tertentu (misalnya toko, mal, atau apotek) dan tidak harus mencantumkan nomor telepon (untuk produk). Sedangkan, produk yang dijual perorangan biasanya mencantumkan nomor yang bisa dihubungi. |
Diakhiri dengan tagline yang menyampaikan poin utama pesan dan memasukkan alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. |