Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjadi Copywriter Andal

Tips Menjadi Copywriter Andal

Menjadi copywriter adalah profesi yang cukup menjanjikan. Tuntutan strategi promosi penjualan yang semakin modern akan memerlukan dukungan dari seorang copywriter untuk menangani bidang promosi produk lewat iklan (Musman, 2021).

Selain itu, banyaknya pesaing andal menguatkan posisi copywriter agar terus mengoptimalkan kreativitasnya dalam mempromosikan suatu produk melalui pesan penjualan. Lantas, bagaimana tips menjadi copywriter andal?

1. Bakat atau Terlatih

Anda pasti berharap memiliki bakat dalam bidang tulis-menulis agar lebih memuluskan niat Anda sebagai copywriter, bukan? Ya, siapa pun ingin punya bakat, namun tidak setiap orang memilikinya. Bakat adalah sebuah potensi yang mendominasi seseorang dari delapan potensi kecerdasan otak manusia.

Adapun delapan potensi kecerdasan otak tersebut terdiri dari linguistik (bahasa), logika-matematika, intrapersonal, interpersonal, musikal, visual-spasial, kinestetis, dan naturalis. Demikian pun dalam kepenulisan, boleh jadi memang Anda memiliki bakat.

Namun, apabila Anda tidak pernah mengasah kemampuan menulis, maka tulisan yang Anda hasilkan juga akan tampak biasa-biasa saja. Oleh karena itu, seiring dengan disipli latihan dan kerja keras tulisan Anda akan memberikan hasil yang optimal.

Orang yang dominan cerdas bahasa biasanya merupakan seorang penulis yang baik. Namun, sebaik apa pun bakat yang Anda miliki bila Anda tidak pernah mengasahnya, maka potensi itu tidak akan berkembang.

2. Tekad yang Kuat

Setiap orang memiliki kemampuan dasar untuk menulis. Akan tetapi, apalah arti bakat dan potensi jika tidak ada kemauan yang mendasarinya. Nah, supaya bisa menghasilkan sebuah karya tulis, Anda harus mau dulu.

Berbekal kemauan, Anda akan berlatih dan belajar mengasah kreativitas dan seni menulis. Tanpa diawali dengan kemauan yang kuat, Anda akan kesulitan untuk mewujudkan sebuah karya. Potensi tanpa ada tekad ibarat sebuah mobil yang tidak digunakan dan dibiarkan tersimpan di garasi.

Sebaliknya, jika potensi itu digerakkan oleh tekad yang kuat, potensi itu layaknya mobil yang melaju hingga sampai pada tujuan. Oleh karenanya, potensi dan kemauan harus berjalan sinergis dan beriringan.

3. Asah dan Latih

Lantas, bagaimana jika Anda tidak memiliki bakat? Tentu saja Anda bisa melatihnya. Satu hal yang harus diingat, bakat adalah potensi yang paling menonjol di antara potensi kecerdasan lainnya. Dengan begitu, seseorang yang tidak berbakat menulis tetap memiliki potensi dan kemampuan dasar untuk menulis.

Sekarang, tergantung bagaimana Anda melatih diri untuk meningkatkan kemampuan dan hasil tulisan Anda. Jika potensi sudah ada, kemauan dan tekad juga kuat, langkah selanjutnya adalah asah dan latih. Layaknya sebuah pisau yang selalu diasah agar memberi daya potong yang optimal, maka seperti itu pula Anda harus senantiasa mengasah dan melatih kemampuan menulis Anda.

Pada akhirnya, waktu dan jam terbang menulislah yang akan menguji seberapa elok kualitas tulisan Anda. Lalu, bagaimana cara mengasah dan melatih bakat sebagai copywriter? Anda dapat melakukannya dengan berlatih membuat copywriting produk-produk Anda sendiri.

Misalnya membuat naskah iklan untuk mempromosikan acara diskusi di kampus atau pertemuan warga di perumahan. Selain itu, Anda bisa juga mempromosikan barang dagangan milik Anda sendiri. Jika pun Anda masih bingung bagaimana cara menuliskan naskah tersebut, pelajarilah di berbagai sumber dari internet hingga buku-buku tentang copywriting.

Di samping itu, Anda juga dapat mengamati iklan-iklan di media televisi maupun online, apa saja kalimat yang digunakan untuk promosi. Barangkali Anda benci pada suatu iklan karena Anda menganggapnya mengganggu.

Oleh sebab itu, coba Anda mengubahnya menjadi iklan yang layak. Anda cermati kalimat-kalimat promosinya. Kemudian, lihat apakah kalimat-kalimat promosinya mengena dengan bukti banyak produk yang terjual atau setidaknya orang ingin mencobanya.

4. Bangun Hubungan dan Ambil Peluang

Menjadi seorang copywriter andal tidak bisa dilakukan sendiri. Copywriter merupakan bagian dari tim pemasaran yang memiliki andil besar terhadap keberhasilan sebuah promosi penjualan produk. Copywriter harus komunikatif dan membangun hubungan dengan sesama rekan kerja, baik rekan kerja satu departemen ataupun rekan kerja antardepartemen.

5. Gali Sumber Kreativitas

Bekerja yang berkaitan dengan iklan tentu menuntut tingkat kreativitas tinggi. Maka, dapat dikatakan bahwa posisi copywriter hanya diisi oleh mereka yang benar-benar memiliki bakat untuk berkreasi. Sumber kreativitas bagi seorang copywriter bisa datang dari mana saja, apakah saat hangout dengan teman, saat dalam perjalanan ke suatu tempat, atau bahkan ketika berkumpul dengan keluarga.

6. Menjadi Agen Perubahan

Menjadi pengamat sebuah peristiwa yang terjadi lalu mencoba menelaahnya, melakukan analisis dari berbagai sudut pandang lalu memunculkan sebuah ide yang brilian, inovatif, unik, dan berbeda dari kebanyakan orang adalah perwujudan dari seorang agen perubahan. Berani berpikir out of the box, keluar dari zona nyamannya, dan tidak takut gagal adalah ciri khasnya.

Banyak kegagalan dalam hidup ini disebabkan karena orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah. (Thomas Alva Edison)

7. Bisa Menjadi Siapa Pun

Pekerjaan sebagai copywriter berhubungan dengan target market. Membuat produk iklan untuk anak kecil akan berbeda dengan membuat produk iklan untuk orang dewasa. Hal tersebut tentunya membutuhkan penempatan diri pada saat Anda membuat konten.

8. Memahami Ketentuan dari Berbagai Media

Penulisan konten untuk iklan setiap media memiliki karakteristik tertentu. Penulisan konten iklan untuk media sosial Twitter berbeda dengan penulisan untuk konten iklan media Instagram. Jumlah karakter di Twitter memiliki keterbatasan, yaitu 140 karakter.

Oleh karenanya, konten iklan yang Anda buat harus jelas dan mudah dipahami dengan karakter yang terbatas. Demikian pula penulisan naskah untuk iklan radio yang lebih panjang dibandingkan dengan iklan televisi.

Itulah pembahasan tentang tips menjadi copywriter andal. Menulis adalah sebuah bentuk seni. Sebagaimana penulis pada umumnya, copywriter pun diharuskan untuk menulis dengan rasa seninya dan memikat khalayak ramai.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.