6 Strategi Pemasaran di Era Pandemi Covid-19
Pandemi covid-19 berdampak pada seluruh sektor, tidak terkecuali penjualan. Bagi pebisnis, Anda dituntut untuk mengembangkan cara pemasaran demi menghindari turunnya angka penjualan. Lantas, bagaimana strategi paling tepat di era covid?
Semakin banyak virus yang tersebar membuat pebisnis juga merasakan penderitaan, apalagi dengan adanya batasan keluar rumah. Supaya Anda tetap terhubung dengan pelanggan, berikut ini adalah 6 strategi pemasaran di era pandemi covid-19:
1. Menyesuaikan Kebutuhan Konsumen
Sebagai seorang pebisnis, Anda harus memiliki strategi dalam pemasaran produk. Kebanyakan orang beranggapan bahwa menjual banyak produk di tengah krisis seperti ini sangat sulit. Itu memang ada benarnya.
Namun, sebaiknya Anda berpikir dari sudut yang berbeda, yaitu bagaimana bisnis Anda dapat mendukung konsumen di tengah kondisi yang penuh dengan ketidakpastian ini. Jadi, strategi pemasaran yang cukup ampuh dilakukan saat ini adalah menyesuaikan kebutuhan konsumen.
2. Menggunakan Kata Kunci yang Tepat
Strategi pemasaran di era pandemi telah menjadi berita besar akhir-akhir ini, sehingga tidak heran jika banyak orang membicarakannya. Bahkan, pelanggan pun berinisiatif untuk mencari sendiri apa itu virus corona dan membeli produk sesuai dengan kebutuhan mereka untuk beberapa minggu ke depan.
Ini merupakan peluang besar bagi sektor bisnis tertentu, seperti layanan kesehatan, produk medis, makanan dan minuman, serta lain-lainnya. Nah, Anda dapat mengelompokkan kata kunci yang tepat agar Anda bisa memberikan konten yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan saat ini.
3. Memanfaatkan Aplikasi dan Konten Online
Salah satu strategi pemasaran yang menunjukkan efektivitas tinggi adalah memanfaatkan aplikasi dan konten online. Jika bisnis Anda memiliki aplikasi, maka Anda dapat memaksimalkan fiturnya. Adapun fitur yang dimaksimalkan tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Mengenai konten online, sebaiknya Anda mencari topik pembahasannya terlebih dahulu dan kemudian masukkan ke dalam aplikasi tersebut. Namun, konten yang Anda buat harus relevan. Misalnya Anda bergerak di bidang kesehatan, Anda dapat membuat konten tentang beragam pilihan makanan sehat.
4. Mengutamakan Keamanan Produk
Anda tidak perlu heran jika saat ini banyak orang merasa was-was terhadap produk tertentu, khususnya produk makanan dan minuman. Bagi yang menjalani bisnis tersebut, Anda perlu memberikan perhatian lebih terhadap segala promosi atau penjualan yang Anda tawarkan.
Sebagai seorang pebisnis, fenomena baru ini mengharuskan Anda untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk yang bersangkutan aman untuk dikonsumsi. Hal ini akan membantu mereka semakin percaya bahwa Anda memang meminimalkan risiko penularan virus covid-19.
5. Memanfaatkan Berbagai Macam Media
Apabila bisnis Anda berhasil menunjukkan permintaan yang cukup tinggi, maka manfaatkan seluruh media untuk menutupi berbagai masalah yang akan timbul. Permasalahan yang sering terjadi di masa covid ini adalah keterlambatan logistik.
Dengan begitu, Anda bisa menginformasikan hal-hal tersebut kepada pelanggan. Anda dapat memberikan informasi terkait perkiraan waktu pengiriman produk dan alasan keterlambatannya, sehingga mereka mendapatkan kepastian.
6. Mengutamakan Pelanggan Setia
Anda pasti memiliki pelanggan yang setia, bukan? Mengingat di masa pandemi sekarang ini sangat sulit untuk meningkatkan angka penjualan, maka sebaiknya Anda mengutamakan keberadaan mereka demi kelangsungan bisnis.
Caranya yaitu dengan memberikan potongan harga atau reward tertentu setelah pembelian. Untuk sementara ini, lebih baik fokus saja dulu pada pelanggan yang pernah melakukan transaksi dengan Anda karena sejatinya mereka sudah percaya dengan produk Anda.
Demikianlah pembahasan tentang 6 strategi pemasaran di era pandemi covid-19. Berbisnis di masa pandemi memang cukup sulit bagi sebagian besar orang. Jadi, Anda harus mengoptimalkan pemasaran secara digital karena sangat efektif dalam menjangkau target pasar yang lebih luas.