Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Pemasaran bagi Pelaku UMKM

6 Tips Pemasaran bagi Pelaku UMKM

Sejauh ini, jumlah UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) di Indonesia sungguh melimpah. Jadi, setiap pelaku usaha sekarang ini harus melakukan pemasaran dengan cara yang tepat agar mampu bersaing dalam jangka panjang.

Dengan persaingan yang sengit semacam ini, Anda sebagai pelaku usaha dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif lagi dalam menyusun strategi pemasaran. Oleh karena itu, berikut ini adalah 6 tips pemasaran bagi pelaku UMKM:

1. Menciptakan Produk yang Unik dan Kreatif

Bukan hanya mengandalkan strategi pemasaran yang meyakinkan saja, Anda sebagai pelaku UMKM juga perlu menciptakan produk yang unik dan kreatif. Hal ini bertujuan untuk memberikan daya tarik di mata konsumen.

Menciptakan produk dengan keunikan tersendiri akan membantu Anda untuk memenangi persaingan pasar dan membuat konsumen menjadi loyal. Dengan begitu, pemasarannya pun akan terlihat lebih menarik di mata calon pelanggan.

2. Membuat Tujuan Pemasaran Menjadi Lebih Jelas

Setelah Anda berhasil membuat produk yang unik, langkah berikutnya adalah menyusun tujuan pemasaran menjadi lebih jelas. Dengan pemasaran yang lebih jelas, calon pelanggan akan memahami konten pemasaran Anda, sehingga penjualan pun akan semakin meningkat.

Misalnya Anda membangun sebuah UMKM kuliner, maka tujuan pemasaran yang harus tercapai yakni memperkenalkan bisnis tersebut ke masyarakat supaya mereka berkeinginan untuk mencicipinya. Dengan begitu, Anda hanya akan terfokus pada satu tujuan tersebut.

3. Menerapkan Pemasaran secara Digital

Memiliki UMKM yang sukses dan terkenal di lingkungan masyarakat merupakan suatu impian bagi banyak orang. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menerapkan pemasaran secara digital karena langkah ini memang mampu menjangkau pelanggan secara luas.

Umumnya, pemasaran semacam ini dikenal dengan istilah online marketing. Dengan strategi ini, Anda akan memperoleh pelanggan yang potensial. Nah, beberapa strategi pemasaran online yang paling umum digunakan yaitu search engine optimization, email marketing, dan social media marketing.

4. Membuat Promo Menarik bagi Pelanggan

Mengadakan promo menjadi salah satu cara yang umum dilakukan oleh pelaku UMKM ketika ingin melakukan pemasaran. Pasalnya, langkah ini mampu menarik perhatian calon pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Promo bisa berupa kupon hadiah, potongan harga, atau cashback. Sebagai pelaku UMKM, cara ini benar-benar cukup ampuh. Lazimnya, promo tersebut dibuat pada hari-hari tertentu, seperti akhir pekan, hari raya natal, Imlek, lebaran idul fitri, dan lainnya.

5. Membuat Desain Kemasan Produk yang Menarik

Kunci dari daya tarik suatu produk adalah menariknya sebuah desain kemasan. Melalui desain kemasan produk, calon konsumen bisa melihat informasi mengenai identitas bisnis Anda. Jadi, Anda perlu menyertakan berbagai informasi guna menarik minat mereka untuk membelinya.

Penting untuk diketahui bahwa sebuah kemasan produk yang menarik tidak harus mahal dan rumit. Anda hanya perlu mengandalkan kreativitas dan mengerti keseimbangan antara efisiensi dan efektivitas.

6. Konsisten Mengetahui Kondisi Pasar Sebenarnya

Kunci utama dari berhasilnya pemasaran adalah dengan konsisten menjalankannya. Anda harus rutin memasarkan produk tersebut menggunakan cara tertentu secara berkala. Tujuannya yakni untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap UMKM Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa strategi pemasaran tersebut benar-benar efektif. Mengenai hal ini, sebaiknya Anda melakukan survey terkait dengan kebutuhan konsumen. Dengan begitu, tentu saja pemasaran produk Anda akan menjadi lebih efektif dan mudah.

Demikianlah pembahasan tentang 6 tips pemasaran bagi pelaku UMKM. Perkembangan ekonomi dewasa ini menuntut para pelaku UMKM untuk bertindak kreatif dan inovatif. Sebab, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap daya tarik konsumen untuk membeli suatu produk.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.