Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Strategi Pemasaran di Pasar Global yang Paling Tepat

7 Strategi Pemasaran di Pasar Global yang Paling Tepat

Dunia bisnis memiliki persaingan yang ketat antara pebisnis yang satu dan lainnya, sehingga Anda perlu menguasai strategi pemasaran. Mengetahui cara pemasaran produk yang tepat merupakan salah satu hal penting yang dapat menentukan peforma perusahaan.

Sejatinya, pemasaran produk adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat. Jika Anda ingin sukses berbisnis secara internasional, maka wajib menggunakan strategi pemasaran di pasar global.

Strategi Pemasaran di Pasar Global bagi Pebisnis Masa Kini

Sebagai pelaku bisnis, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran produk yang efektif untuk meningkatkan perkembangan bisnis. Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai 7 strategi pemasaran di pasar global yang paling tepat:

1. Membangun Jaringan Bisnis

Strategi pemasaran di pasar global yang pertama adalah membangun jaringan bisnis. Setiap pebisnis selalu memerlukan jaringan karena sebuah bisnis tidak dapat berdiri sendiri. Banyak manfaat yang dapat diperoleh jika Anda memiliki jaringan bisnis, di antaranya memperluas pengetahuan bisnis.

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Hubungan yang baik antara pihak perusahaan dan konsumen merupakan salah satu hal yang cukup penting. Anda harus memastikan bahwa konsumen merasa nyaman ketika berinteraksi dengan admin ataupun pihak terkait.

Selain hubungan yang baik dengan konsumen, pebisnis juga perlu memahami beberapa jenis ikatan dengan konsumen. Nah, ada empat jenis ikatan manajemen hubungan konsumen dengan perusahaan yaitu ikatan sosial, finansial, bisnis, dan struktural.


3. Memiliki Tanggung Jawab Sosial terhadap Pihak Pemerintah

Strategi pemasaran di pasar global yang perlu pebisnis pastikan adalah tanggung jawab sosial terhadap pemerintah. Ada beberapa elemen penting yang menjadi bentuk nyata tanggung jawab sosial terhadap pemerintah, seperti halnya menaati semua aturan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

4. Memiliki Pelayanan Terbaik

Di samping itu, pelayanan juga dapat mempengaruhi para konsumen. Dengan menggunakan pelayanan terbaik, Anda sudah mendapatkan keunggulan kompetitif dalam berbisnis. Pelayanan bisa berupa ekspedisi pengantaran pesanan atau admin media sosial.

Beberapa elemen dalam bisnis biasanya didominasi oleh pelayanan ketimbang fisik produk itu sendiri, seperti pelayanan dalam bentuk kesejahteraan karyawan dan keamanan produk. Elemen-elemen tersebut dapat mempengaruhi frekuensi penjualan produk atau jasa.

5. Memiliki Produk yang Berkualitas

Selain memiliki pelayanan terbaik, Anda perlu menunjukkan pula bahwa produk yang ditawarkan mempunyai kualitas yang bagus. Pastikan produk tersebut memiliki efek yang bagus untuk pengguna agar kualitasnya terbukti.

Nah, cara untuk membuktikan bahwa produk Anda bagus adalah dengan merekrut brand ambassador (BA). Sebelum merekrut, Anda perlu menilainya terlebih dahulu dari segi personal branding, apakah memiliki banyak pengikut atau tidak.

Untuk merekrutnya, orang-orang yang layak dijadikan BA lazimnya berasal dari kalangan selebritis, publik figur, atau influencer. Selain pengikutnya yang banyak, engagement rate di media sosialnya pun tinggi sehingga dapat mempengaruhi image produk Anda.


6. Mencari Target Pasar

Strategi pemasaran di pasar global selanjutnya yaitu mencari target pasar. Mengenai hal ini, sebaiknya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu di negara yang ingin dijadikan sebagai target. Anda bisa menuliskan beberapa poin penting sebagai tolok ukur dari riset tersebut.

Jika Anda telah berhasil menemukan target pasarnya, maka kesempatan untuk memperluas jangkauan bisnis semakin terbuka lebar. Bahkan, Anda bisa menciptakan produk atau jasa baru sesuai dengan permintaan dan kebutuhan mereka.

7. Membangun Rasa Nyaman bagi Setiap Pengguna

Terakhir, Anda mesti membangun rasa nyaman bagi setiap pengguna yang menggunakan produk atau jasa tersebut. Strategi ini disebut sebagai experiential marketing. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan pengalaman mereka yang merasa nyaman saat menggunakan produk atau jasa Anda.

Strategi ini mempunyai beberapa elemen, yakni elemen emosi, logika, dan tindakan yang membuat pengguna merasa nyaman dan ingin terus menggunakannya. Dengan begitu, mereka akan selalu membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Demikianlah pembahasan tentang 7 strategi pemasaran di pasar global yang paling tepat. Dengan strategi pemasaran yang tepat, perusahaan akan mendapatkan target konsumen dengan cepat guna menunjang pertumbuhan bisnis di masa yang akan datang.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.