Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Asumsi Dasar dalam Mempelajari Analisis Teknikal

3 Asumsi Dasar dalam Mempelajari Analisis Teknikal

Secara definitif, analisis teknikal adalah ilmu yang mempelajari tentang pergerakan harga dengan tujuan untuk memperkirakan arah pergerakan harga di masa yang akan datang. Dalam mempelajari analisis teknikal, Murphy menyarankan untuk selalu berangkat dari tiga asumsi dasar berikut ini:

1. Market Action Discount Everything

Pergerakan yang terjadi di pasar merupakan cerminan dari seluruh informasi yang ada di pasar, termasuk semua informasi yang bisa diakses oleh publik secara luas. Semakin dalam mempelajari analisis teknikal, semakin Anda tidak butuh informasi tambahan di luar pergerakan harga itu sendiri.

2. Price Moves in Trend

Bagaimanapun juga, orang yang ingin mempelajari analisis teknikal harus percaya bahwa pergerakan harga itu memiliki arah. Meskipun dalam pergerakan hari per harinya tidak pernah diketahui, tetapi arah pergerakan harga dalam suatu periode tertentu sering kali bisa diketahui (Utomo, 2021).

3. History Repeat Itself

Harga bergerak karena adanya perubahan penawaran dan permintaan yang ditimbulkan oleh orang-orang yang menjadi pelaku pasar. Jadi, harga merupakan hasil dari perilaku sekelompok orang yang menjadi pelaku pasar.

Dengan mempelajari pergerakan harga di masa lalu, Anda bisa memprediksikan arah pergerakan harga di masa yang akan datang. Dengan mempelajari pola pergerakan harga atau kejadian-kejadian di masa lalu, Anda bisa berharap bahwa kejadian-kejadian serupa akan terjadi di masa yang akan datang.

Demikianlah pembahasan tentang 3 asumsi dasar dalam mempelajari analisis teknikal. Dalam memprediksi pergerakan harga di masa yang akan datang, tidak seorang pun yang bisa memprediksi dengan ketepatan 100%.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.