Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Bisnis Plan Makanan untuk Referensi Anda

Rencana usaha atau bisnis plan adalah suatu pernyataan yang tertulis tentang bagaimana cara menentukan arah tujuan bisnis. Bisnis plan sendiri dibuat sebelum bisnisnya dirintis dengan berbagai perhitungan yang matang.

Contoh Bisnis Plan Makanan “Potato Creamy Ice Cream”

Sejauh ini, bisnis makanan sangat digandrungi oleh banyak orang, terutama kalangan muda. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara membuat bisnis plan makanan, berikut ini adalah contohnya yang berfokus pada usaha ice cream:

1. Struktur Organisasi

Struktur organisasi merupakan komponen-komponen penyusun perusahaan yang memperjelas kedudukan setiap posisi, termasuk pembagian hak dan kewajiban atas pekerjaan di dalamnya. Dalam struktur organisasi terdapat beberapa bagian, mulai dari petingginya hingga bawahannya.

Struktur Organisasi
Sumber: creately.com

2. Visi dan Misi Perusahaan

Setiap organisasi atau perusahaan pasti memiliki tujuan yang harus dicapai, baik untuk jangka waktu yang pendek maupun jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, visi dan misi memainkan peranan penting untuk mencapai kesuksesan dan kemajuan perusahaan.

Visi Misi
Menjadi perusahaan terbaik di
industri makanan yang dikenal
oleh seluruh masyarakat Indonesia
dan negara sekitar dengan
berbagai relasi di seluruh
dunia serta menjunjung tinggi
prinsip kesehatan.
1. Menghasilkan produk yang memiliki ciri khas.
2. Menghasilkan produk dengan kualitas terbaik.
3. Memiliki relasi bisnis di berbagai belahan dunia.
4. Menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, terutama konsumen.
5. Menciptakan lapangan kerja baru.

3. Deskripsi Usaha

Potato Creamy Ice Cream merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang es krim. Perusahaan ini melakukan kegiatan produksi dan menjual hasil produksinya. Adapun kegiatan produksi dilakukan di alamat perusahaan dengan beberapa tenaga kerja.


Potato Creamy Ice Cream mengedepankan prinsip keamanan, kandungan manfaat, dan efisien bagi para calon konsumen. Harganya juga sangat terjangkau dan diperkuat oleh pengemasan yang baik supaya kualitas produknya tetap terjaga.

4. Keterangan Pembuat Business Plan

Tidak ada aturan yang ketat dan jelas mengenai penulisan keterangan pembuat business plan. Anda hanya perlu menuliskan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja. Sebab, business plan tidak hanya dijadikan sebagai panduan saja, tetapi juga meyakinkan investor untuk menanamkan modalnya.

5. Segmentasi Pasar

Dari segi segmentasi pasar, Potato Creamy Ice Cream menyasar seluruh kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua. Hal tersebut karena tidak ada efek samping dan banyaknya manfaat dari produk es krim ini sendiri.

Namun, untuk lebih khususnya, Potato Creamy Ice Cream menyasar kalangan anak-anak dan remaja. Sebab, mereka sangat menyukai segala produk yang berkaitan dengan es krim. Jadi, produk ini akan lebih laku dan laris di lingkup tersebut.

6. Estimasi Jumlah Produk yang Disebarkan di Awal

Selanjutnya, Anda perlu menjelaskan pula tentang estimasi jumlah produk yang disebarkan di awal, mulai dari berapa harganya hingga estimasi permintaan pasar. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa lihat contoh berikut ini:

Harga : Rp6.000
Lokasi : Koperasi terdekat, minimarket, toko kelontong, dan kantin sekolah
Kuantitas : 65 Pcs
Jumlah Total : Rp390.000
Estimasi Permintaan Pasar : 130 Pcs, yaitu dua kali lipat


7. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Potato Creamy Ice Cream terletak pada keunikan rasanya yang enak dan khas. Sementara itu, kekurangannya adalah tidak menggunakan bahan pengawet sintetis yang membuatnya tidak bisa bertahan lama.

8. Detail Produksi

Produk es krim ini dibuat dari kentang yang sudah dihaluskan dan beberapa bahan pendukung lainnya. Dalam proses pembuatannya melibatkan sejumlah tenaga kerja ahli di masing-masing bidang guna menghasilkan produk yang berkualitas.

9. Pemasaran

Mengenai hal ini, Anda harus menggunakan metode yang sesuai dengan produk yang dijual. Pemilihan metode pemasaran sangat penting terhadap keefektifan pencapaian target bisnis Anda, misalnya mulut ke mulut, media sosial, dan relasi bisnis.

10. Pendapatan

Modal untuk membangun bisnis Potato Creamy Ice Cream sebanyak Rp200.000. Kemudian, dana ini digunakan untuk membeli berbagai bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan guna menciptakan produk tersebut.

Selama sebulan, pendapatan kotor yang diperoleh Potato Creamy Ice Cream mencapai Rp800.000. Dengan begitu, usaha ice cream ini memang sangat menguntungkan karena pendapatan bersihnya yang sebesar Rp600.000.

Demikianlah pembahasan tentang contoh bisnis plan makanan untuk referensi Anda. Tanpa business plan, bisnis Anda akan berjalan tanpa arah dan tidak beraturan karena tidak ada pedoman atau target yang ingin dicapai.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.