Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Copywriting, Tulisan untuk Iklan

Copywriting, Tulisan untuk Iklan

Beragam tulisan yang ditemui, baik di website, surat kabar, atau jenis lainnya, ada tulisan yang khusus digunakan untuk membuat iklan dan promosi. Teknik penulisan semacam ini disebut dengan copywriting dan tulisan yang dihasilkan adalah copy (Musman, 2021).

Nah, bagi Anda yang masih belum paham mengenai perbedaan antara writing dan copywriting maka berikut ini adalah contohnya:
writing dan copywriting

Copywriting erat kaitannya dengan iklan atau penawaran. Iklan memiliki bentuk berupa tulisan, gambar, video, atau gabungan ketiganya. Tulisan dalam iklan itulah yang disebut sebagai copywriting. Jadi, copywriting bisa dikatakan sebagai jenis tulisan iklan.

Menurut Frank Jefkins, copywriting adalah seni penulisan pesan penjualan yang paling persuasif yang dilatarbelakangi oleh kewiraniagaan yang kuat. Tulisan ini harus mampu menarik perhatian (attention), menimbulkan ketertarikan (interest), keinginan (desire), menciptakan keyakinan (conviction), dan tindakan (action).

Copywriting adalah kemampuan creative advertising dalam mengolah kata dan menciptakan naskah periklanan dengan menggunakan kerja intelektual dan seni untuk memenuhi pesan penjualan.

Copywriting merupakan tulisan dengan aneka gaya dan pendekatan yang dihasilkan melalui strategi, perencanaan, dan kerja sama antara klien, account executive, dan tim kreatif dalam advertising agency. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tidak ditemukan terjemahan kata copywriting, namun kata copywriter dalam Kamus Bahasa Inggris-Indonesia diterjemahkan sebagai penulis wara.

Menurut Febri Asiani, copywriting diartikan sebagai naskah iklan, atau bahasa yang digunakan dalam iklan. Dengan kata lain, copywriting adalah bagian dari iklan itu sendiri. Selain itu, copywriting merupakan seni menghidupkan sebuah iklan pada sebuah promosi penjualan.

Jadi, berdasarkan ragam pendapat di atas, pengertian copywriting adalah hasil pemikiran kreatif untuk menghasilkan tulisan yang persuasif (membujuk) guna menarik perhatian pasar. Tulisan persuasif ini berlaku pada media apa pun, termasuk media cetak dan elektronik.

Nah, sejauh ini dapat disimpulkan bahwa copywriting merupakan bagian dari iklan yang mengarah pada promosi penjualan dan pemasaran suatu produk. Di samping itu pula, copywriting menonjolkan sisi keindahan dalam tulisan berupa diksi, gaya bahasa, dan kedalaman makna.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.