Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu SEO Copywriting dan Bagaimana Penerapannya?

Apa Itu SEO Copywriting dan Bagaimana Penerapannya?

Menulis naskah yang berkualitas ternyata belum cukup. Anda juga perlu memikirkan elemen SEO (search engine optimization) di dalam naskahnya. Percuma jika naskah, konten, atau artikel Anda bagus, tetapi tidak ada yang membacanya atau sulit ditemukan.

SEO copywriting berarti menggabungkan kemampuan copywriter dengan SEO. Ternyata, tugas Anda bukan hanya membuat konten untuk manusia saja, melainkan juga menulis konten yang akrab dengan mesin pencari seperti Google.

Lantas, bagaimana penerapannya? Sebenarnya cukup sederhana, Anda hanya perlu menentukan keyword atau kata kunci apa yang ingin ditargetkan kepada pembaca. Nah, kata kunci ini nantinya ditempatkan pada bagian judul atau headline.

Ikuti cara yang sama pada setiap judul dan isi naskah Anda, tetapi pastikan tidak berlebihan karena akan mengurangi kualitas konten yang dibuat. Menurut Musman (2021), ada dua cara yang bisa dilakukan agar SEO web Anda tidak kalah dengan yang lainnya, yaitu:


1. Paragraf Pendek

Tahukah Anda bahwa manusia melakukan scanning ketika membaca? Scanning adalah proses membaca dengan cepat. Jika Anda hanya mengandalkan teknik copywriting saja, maka jangan harap pengunjung website Anda nyaman saat membaca konten itu.

Mengolah dan menulis kata menjadi paragraf pendek membuat mata pembaca menjadi relaks ketika membacanya. Lagi pula, paragraf yang pendek lebih mudah dicerna sehingga mempermudah proses scanning mereka.

2. Hindari Kata-kata Baku

Dalam penggunaan bahasa, bersikap sopan dan profesional wajib Anda terapkan. Namun, bukan berarti Anda harus menggunakan bahasa yang kaku seperti robot karena akan sulit diterima oleh lawan bicara. Cukup sampaikan informasi layaknya Anda sedang berinteraksi dengan teman.

Jadi, sebaiknya Anda menggunakan kata-kata yang santai agar timbul keakraban dengan audiens. Mengenai hal ini, ada tips rahasia supaya penyampaian informasi Anda terasa luwes atau tidak seperti robot, yaitu:
  • Baca ulang apa yang sudah Anda tulis (bacalah dalam hati). Setelah itu, baca naskah dengan suara (gunakan intonasi nada yang sama). Jika terasa kurang enak saat didengar, maka segeralah ubah kata-katanya.
  • Berikan penekanan seperti menebalkan huruf pada informasi yang Anda unggulkan, miringkan kata (italic) untuk setiap istilah yang menggunakan bahasa asing, dan sertakan artinya agar pembaca tidak bingung.


Demikianlah pembahasan tentang apa itu SEO copywriting dan bagaimana penerapannya. Dengan cara ini, Anda dapat mengatasi kejenuhan audiens terhadap sebuah konten tulisan dalam bentuk narasi yang panjang tanpa kehilangan kesempatan meraih posisi page one mesin pencari.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.