Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Teknologi dalam Ilmu Ekonomi

Pengertian Teknologi dalam Ilmu Ekonomi

Dalam ilmu ekonomi, teknologi berarti suatu perubahan dalam fungsi produksi. Hingga saat ini, masih ada beberapa negara maju yang belum menggunakan teknik secara ekonomis maksimum kerena mungkin pasaran yang tidak luas dan halangan-halangan kebudayaan (Irawan, 2002).

Dengan demikian, perubahan-perubahan teknik harus selalu diupayakan agar adanya penggunaan yang maksimum dari faktor-faktor produksi. Adapun berbagai perubahan teknik untuk pertumbuhan ekonomi adalah perubahan dalam metode produksi atau sering disebut dengan inovasi.

Jadi, maksud dari perubahan teknologi (technological change) yaitu perubahan dalam fungsi produksi pada suatu kegiatan yang dapat menambah hasil dengan input tertentu. Misalnya, dulu para petani menggunakan kerbau untuk membajak sawah, tapi sekarang sudah ada yang namanya traktor.

Tentu saja alat produksi yang baru ini akan mengubah cara kerja para petani. Dengan hanya dalam waktu yang singkat, para petani dapat menghasilkan output yang lebih banyak daripada menggunakan metode tradisional.

Di era globalisasi sekarang ini, negara-negara yang sedang berkembang tentu bisa meniru perkembangan teknologi yang ada di negara maju. Namun, peranan riset jangan diabaikan karena teknologi yang diterapkan oleh negara maju belum tentu sesuai bagi negara yang sedang berkembang.

Oleh sebab itu, sebaiknya peranan riset tetap berjalan demi menyesuaikan antara teknologi dan kondisi keadaan lingkungan di negara setempat. Menurut Meier, invensi yang besar pada revolusi industri akan terjadi bila kondisi masyarakatnya sudah siap untuk menyambut sebuah perubahan.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi - Thomas A. Edison.